Lolos ke Perempat Final, Timnas Republik Ceko Tak Jualan Skill Individu

Senin, 28 Juni 2021 - 18:01 WIB
loading...
Lolos ke Perempat Final, Timnas Republik Ceko Tak Jualan Skill Individu
Lolos ke Perempat Final, Timnas Republik Ceko Tak Jualan Skill Individu. Foto: UEFA
A A A
BUDAPEST - Timnas Republik Ceko menjelma kuda hitam paling diperhitungkan setelah mengalahkan Belanda di babak 16 besar Piala Eropa 2020 . Kapten tim, Tomas Soucek, menyebut skuatnya tidak jualan skill individu pemain.

Republik Ceko mengantongi tiket babak perempat final Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Belanda di Puskas Arena, Budapest, Senin (28/6/2021) WIB. Mereka menang 2-0 berkat gol Tomas Holes (68') dan Patrik Schick (80’).



Setelah pertandingan, Tomas Soucek menyadari timnya cuma berstatus underdog di hadapan Belanda. Secara kualitas, para pemain Der Oranje dianggap punya skill individu lebih baik. Namun, kata Soucek, Timnas Republik Ceko berhasil mengatasinya dengan permainan kolektif.

“Kami (Timnas Republik Ceko) tidak terbuat dari skill individu, kami dibangun sebagai sebuah tim,” kata Tomas Soucek dikutip laman UEFA, Senin (28/6/2021).

Soal kualitas, pemain Republik Ceko seperti Patrik Schick (dengan empat gol di Piala Eropa 2020) dan Tomas Holes (dengan gelar star of the match) sebetulnya tak bisa dipandang sebelah mata. Namun, sang kapten punya cara pandang berbeda. Menurut Tomas Soucek, kualitas keduanya terbentuk dari kerja tim.

“Dan kemudian dari tim ini, kualitas individu dibuat setelahnya,” kata Tomas Soucek.

Senada dengan kapten tim, pelatih Republik Ceko, Jaroslav Silhavy, menyebut skuatnya tidak bergantung pada satu-dua pemain. Bahkan, cuma empat nama dari line up yang diturunkan yang punya pengalaman bermain di turnamen besar pada edisi sebelumnya.

“Saya pikir hasilnya berbicara sendiri. Perubahan dalam susunan pemain kami terbukti tepat,” kata Jaroslav Silhavy.

Republik Ceko akan kembali menebar ancaman saat bentrok Timnas Denmark di babak perempat final yang digelar di Baku Olympic Stadium, Sabtu (3/7/2021) mendatang. Pecapaian terbaik mereka adalah finis sebagai runner up di Piala Eropa 1996.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2175 seconds (0.1#10.140)