Pimpin Swiss Singkirkan Prancis di Piala Eropa 2020, Granit Xhaka Jadi Pemain Terbaik

Selasa, 29 Juni 2021 - 10:22 WIB
loading...
Pimpin Swiss Singkirkan Prancis di Piala Eropa 2020, Granit Xhaka Jadi Pemain Terbaik
Pimpin Swiss Singkirkan Prancis di Piala Eropa 2020, Granit Xhaka Jadi Pemain Terbaik
A A A
BUCHAREST - Tim Nasional (Timnas) Swiss berhasil melaju ke babak perempat final Piala Eropa 2020 usai mengalahkan Prancis melalui drama adu penalti di babak 16 besar pada Selasa (29/6/2021) dini hari WIB. Dalam laga yang berlangsung di National Arena, Bucharest ini kapten Swiss Granit Xhaka terpilih menjadi pemain terbaik.

Xhaka tampil tak tergantikan dalam laga yang berlangsung menegangkan tersebut. Meski tak mencetak gol, perannya sangat penting untuk menjaga mental rekan-rekannya hingga babak adu penalti.



Timnas Swiss awalnya dapat unggul lebih dulu melalui sundulan Haris Seferovic (15’) di babak pertama. Namun, mereka justru hampir mengalami kekalahan saat tiga gol Prancis melalui kaki Karim Benzema (57’ dan 59’) dan Paul Pogba (76’) membalikkan keadaan menjadi 3-1.
Pimpin Swiss Singkirkan Prancis di Piala Eropa 2020, Granit Xhaka Jadi Pemain Terbaik

Beruntung, Swiss mampu menambah dua gol lagi melalui Haris Seferovic (80’) dan Gavranovic (89’) dan mengubah skor menjadi 3-3. Keberuntungan pun memihak pasukan La Nati usai memenangkan drama adu penalti di akhir laga.

Dalam laga yang menguras fisik dan mental ini, beberapa kali Xhaka tertangkap kamera memotivasi para rekannya di setiap jeda turun minum. Dengan suara menggelegar hingga urat leher terlihat menonjol, sang kapten memberikan semangat timnya untuk pantang menyerah.

Dua gol penyama kedudukan mereka pun tercipta setelah jeda water break. Di saat itu, para pemain Swiss yang mulai tertunduk selalu diberikan kalimat pembangkit oleh Xhaka.

Dari segi permainan pun Xhaka terpantau yang paling konsisten sepanjang 90 menit plus 2x15 menit tersebut. Sapuan-sapuan bersih yang dilancarkan bagi lini tengah maupun serang Prancis menyelamatkan gawang Swiss kebobolan lebih banyak.

Swiss pun menerapkan pertahanan kokoh tak lepas dari komando Xhaka. Beberapa kali justru ia yang dapat memblok tendangan-tendangan berbahaya Prancis dari luar kotak penalti.

Atas hasil ini, Xhaka dan kawan-kawan berhasil melaju ke babak perempat final Piala Eropa 2020. Di babak tersebut, La Nati akan berhadapan dengan Spanyol yang telah memastikan tempat lebih dulu usai menang 5-3 atas Kroasia beberapa jam sebelumnya.

Laga melawan Spanyol nanti akan digelar di Krestovsky Stadium, Rusia pada Jumat 2 Juli 2021 mendatang. Laga ini menjadi spesial bagi Swiss karena menjadi perempat final pertamanya sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di Piala Eropa.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2782 seconds (0.1#10.140)