Resep Andriy Shevchenko Bawa Ukraina Lolos ke Perempat Final Piala Eropa 2020

Rabu, 30 Juni 2021 - 15:01 WIB
loading...
Resep Andriy Shevchenko Bawa Ukraina Lolos ke Perempat Final Piala Eropa 2020
Resep Andriy Shevchenko Bawa Ukraina Lolos ke Perempat Final Piala Eropa 2020. Foto: REUTERS/Lee Smith
A A A
GLASGOW - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Ukraina, Andriy Shevchenko ungkap rahasia keberhasilan timnya mengalahkan Swedia dalam 16 besar Piala Eropa 2020 pada Rabu (30/6/2021) dini hari WIB. Menurutnya, kwmenangan ini imbas rencana yang diterapkan sejak awal pertandingan.

Bermain di Hampden Park, Glasgow, Skotlandia, Ukraina sempat unggul lebih dulu melalui tendangan voli Oleksandr Zichenko pada menit 27. Sampai diimbangkan melalui gol dari luar kotak penalti Emil Forsberg di menit 43 memaksa laga berakhir 1-1 dalam 90 menit.



Kedua tim pun melanjutkan laga dengan babak tambahan waktu 2x15 menit. Hingga laga hampir saja ditentukan dari drama adu penalti, Artem Dovbyk mencetak gol di penghujung babak (120+1).

Akhirnya, Ukraina mengunci kemenangan dengan skor 2-1 dan memastikan diri melaju ke babak perempat final. Tim asuh Shevchenko ini akan menghadapi Inggris yang telah memastikan tempat lebih dulu.
Resep Andriy Shevchenko Bawa Ukraina Lolos ke Perempat Final Piala Eropa 2020

Setelah laga selesai, Shevchenko mengungkap rahasia kemenangan timnya yakni pengetahuan dalam memahami kekuatan sendiri. Ia mengungkapkan, sejak awal laga, Zhovto-Blakytni - julukan Ukraina sudah tau siapa saja yang dapat meladeni perlawanan Swedia.

"Kami tahu bagaimana tim kami harus bermain sejak menit pertama. Kami tahu siapa yang bisa memperkuat kami (selama pertandingan) . Rencana yang kami kembangkan telah berjalan dengan baik," ucap Shevchenko dikutip dari laman resmi UEFA, Rabu (30/6/2021).

Pria yang akrab dipanggil Sheva ini pun mengaku bangga dengan penampilan tim asuhnya. Perjuangan Andriy Yarmolenko dkk pantas mendapatkan sanjungan dari pelosok negeri.

Di sisi lain, ia pun mengakui kehebatan permainan dari Swedia. Alhasil, pertandingan dapat berlangsung sengit dan menarik siapapun yang menyaksikan.

"Kedua tim bermain sangat baik. Itu adalah pertandingan yang menarik. Tidak ada pihak yang ingin kalah sehingga kami mendapatkan drama ini di akhir. Dengan kinerja dan komitmen ini, tim kami pantas mendapatkan cinta dari seluruh negeri," ucap pelatih berusia 44 tahun ini.

Laga perempat final Ukraina vs Inggris nanti akan dilangsungkan pada Minggu 7 Juli 2021 mendatang. Duel tim klasik ini akan digelar di Stadion Olimpico Roma, Italia.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3492 seconds (0.1#10.140)