Sikap Dingin Southgate Dinilai Bisa Bawa Inggris Juara Piala Eropa 2020

Kamis, 01 Juli 2021 - 23:59 WIB
loading...
Sikap Dingin Southgate Dinilai Bisa Bawa Inggris Juara Piala Eropa 2020
Sikap Dingin Southgate Dinilai Bisa Bawa Inggris Juara Piala Eropa 2020. Foto: IST
A A A
LONDON - Kemenangan atas Tim Nasional (Timnas) Jerman yang diraih Inggris di babak 16 besar membuat skuad asuhan Gareth Southgate itu kini dijagokan untuk menjadi juara di ajang Piala Eropa 2020 . Bahkan mantan penggawa Timnas Inggris, Jamie Carragher pun sepakat dengan anggapan itu.

Pasalnya, Carragher merasa Southgate memiliki modal yang amat besar untuk bisa mengantarkan Inggris menjuarai kompetisi antarnegara Eropa tersebut. Salah satunya adalah sikap cuek dan tak peduli Southgate terhadap penilaian publik terhadap dirinya.

l

Seperti yang diketahui, Southgate sebenarnya banyak sekali mendapatkan kritikan baik dari fans Inggris atau pengamat sepakbola terkait formasi dan pemilihan pemain yang digunakannya untuk The Three Lions. Tapi, Southgate tak pernah mendengar kritikan itu dan tetap teguh akan apa yang diyakininya.

Carragher melihat banyak yang tak setuju dengan cara Southgate memilih pemain dan formasi untuk Timnas Inggris. Tapi ketika Timnas Inggris menang, seperti yang sudah terlihat di sepanjang Piala Eropa 2020, orang-orang yang mengkritik itu lantas ikutan senang karena Harry Kane dan kawan-kawan dapat meraih kemenangan.

Bagi Carragher, sikap tak peduli yang diperlihatkan Southgate adalah karakteristik yang perlu dimiliki oleh para pelatih yang bekerja di level yang tinggi. Sebab itu membuktikan Southgate percaya diri dan yang paling penting tak mudah terpengaruh oleh pihak luar dalam pemilihan skuad.

Carragher menyebut selama ini banyak pelatih Inggris yang memilih pemain karena tekanan publik atau media. Alhasil, formasi yang hanya memuaskan publik itu tak memberikan hasil yang positif alias kemenangan.

Sejauh ini, Carragher melihat sikap cuek dan tak peduli Southgate terhadap formasinya yang dikritik banyak orang telah berhasil membuat Timnas Inggris lolos ke semifinal Piala Dunia 2018. Kali ini, Carragher pun yakin Southgate sanggup melewati babak semifinal dan bahkan membawa Inggris merebut gelar Piala Eropa pertama mereka.

“Apakah Anda setuju dengan pilihan dan taktik manajer (Southgate) ini atau tidak, pada akhirnya akan selalu ada lebih banyakyang mendukung keputusannya ketika itu semua berhasil. Keputusan itu menunjukkan Southgate memiliki salah satu karakteristik terpenting dari setiap pelatih yang bekerja di level tertinggi. Dia selalu jujur pada dirinya sendiri," ungkap Carragher, dikutip dariDaily Mail, Kamis (1/7/2021).

“Dia tidak mau bekerja untuk sekadar menghibur publik. Tidak seperti manajer (Timnas Inggris) sebelumnya, Southgate tidak pernah terpengaruh oleh media saat memilih timnya. Itu masuk ke dalam daftar kebiasaan buruk yang dia saksikan di beberapa manajer Inggris saat dia masih bermain, dan bersumpah untuk tidak pernah mengulanginya hal tersebut,” tambah Carragher.

'Tekad Southgate untuk berdiri dan jatuh dengan apa yang dia yakini untuk tim Inggris ini telah membawa mereka ke semifinal Piala Dunia (2018). Hal itu bisa juga membawa mereka lebih jauh di turnamen ini,” pungkasnya.

Saksikan siaran langsung pertandingan UEFA EURO 2020 di iNewsTV
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2226 seconds (0.1#10.140)