John Stones Beberkan Resep Clean Sheet Inggris di Piala Eropa 2020

Sabtu, 03 Juli 2021 - 22:01 WIB
loading...
John Stones Beberkan Resep Clean Sheet Inggris di Piala Eropa 2020
John Stones Beberkan Resep Clean Sheet Inggris di Piala Eropa 2020. Foto: Reuters
A A A
ROMA - Bek Tim Nasional (Timnas) Inggris John Stones buka-bukaan soal rahasia The Three Lions tak pernah kebobolan di Piala Eropa 2020 jelang babak perempat final melawan Ukraina pada Minggu 4 Juli 2021 dini hariWIB. Menurut Stones, formula ini merupakan akumulasi antara kemampuan individu dan kolektif yang membentuk mental pemenang.

Ya, dalam laga perempat final yang akan digelar di Stadion Olimpico Roma, Italia tersebut Inggris memiliki modal bagus yakni catatan clean sheet di empat pertandingan terakhir. Hal itu tentu menjadi tantangan bagi tim asuhan Andriy Shevchenko .

Baca Juga: Andriy Shevchenko Pahlawan Ukraina dan Romantisme Inggris-Italia


Berjuang di grup D Piala Eropa 2020, lini pertahanan yang dikomandoi John Stones menjaga kesucian gawang timnya sejak menang 1-0 melawan Kroasia. Tren itu pun berlanjut saat imbang melawan 0-0 melawan Skotlandia dan menang 1-0 melawan Republik Ceko.
John Stones Beberkan Resep Clean Sheet Inggris di Piala Eropa 2020

Terakhir, di babak 16 besar, meski tampil berbeda dengan tiga bek, namun catatan clean sheet tetap dijaga Jordan Pickford dkk. Atas kekukuhan lini pertahanan dan tajamnya lini serang membuat tim asuhan Gareth Southgate ini menang melawan Jerman 2-0.

Melihat catatan ini, John Stones membocorkan formula yang diyakini para bek Inggris membentuk pertahanan yang solid. Formula tersebut telah tertanam di pola pikir para pemain yang terdiri dari Kyle Walker, Harry Maguire, Luke Shaw, Jordan Pickford dan lainnya.

“Beberapa momen besar dalam permainan seperti satu lawan satu, Picks (Jordan Pickford) membuat beberapa penyelamatan; kami (bek) berjuang untuk penyerang dan gelandang, memenangkan sundulan, semuanya. Hanya keinginan untuk menjaga clean sheet itu dan tahu betapa pentingnya itu, terutama di pertandingan ketat seperti tempo hari,” ucap Stones mengutip laman resmi UEFA, Sabtu (3/7/2021).

Selain itu, ia dan para bek lainnya hanya fokus mencegah bola masuk ke gawang tanpa memikirkan menang atau tidak laga saat itu. Tentunya, kesabaran dan kepercayaan kepada sektor gelandang dan penyerang juga menjadi kunci.

Terakhir, ia pun berharap mentalitas menjaga clean sheet tersebut tetap terjaga sampai akhir Piala Eropa 2020 nanti. Di sisi lain, ia juga tak ingin lengah dan mengharapkan perkembangan terus membawa Timnas Inggris menjuarai kompetisi ini.

“Saya tidak bisa memberitahu Anda kapan kami mencetak gol, jam berapa, tetapi peningkatan ke arah kami mencetak gol adalah tentang kami tetap tenang dan mengendalikan permainan, menjadi kuat dalam bertahan, dan membiarkan para penyerang menunjukkan kemampuan mereka. Sangat bagus melakukannya dan menjaga momentum clean sheet sangat penting,” lanjut Stones.

"Mentalitas clean sheet dan mental pemenang harus terus memiliki efek bola salju itu dan terus tumbuh dan berkembang dan kita lihat ke mana itu membawa kita," tutupnya.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2354 seconds (0.1#10.140)