Sah, Cristiano Ronaldo Top Skor Piala Eropa 2020

Senin, 12 Juli 2021 - 05:49 WIB
loading...
Sah, Cristiano Ronaldo Top Skor Piala Eropa 2020
Cristiano Ronaldo memastikan diri sebagai pencetak gol terbanyak Piala Eropa 2020. Torehannya tak terkejar hingga laga terakhir di partai final yang mempertemukan Italia vs Inggris pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB / Foto: Instagram Ronaldo
A A A
LONDON - Cristiano Ronaldo memastikan diri sebagai pencetak gol terbanyak Piala Eropa 2020. Torehannya tak terkejar hingga laga terakhir di partai final yang mempertemukan Italia vs Inggris pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Bintang Portugal ini sepanjang Piala Eropa 2020 membukukan 5 gol dan 1 assist bagi negaranya. Jumlah gol ini sebenarnya disamai oleh penyerang Republik Ceko Patrik Schick.

Namun, torehan Schick tak dapat menyalip posisi puncak karena kalah dari segi peraturan Tie Break sepatu emas Piala Eropa 2020. Aturan ini bukan hanya melihat gol, namun juga dari segi assist dan menit bermain.

BACA JUGA: Roberto Mancini, sang Penakluk Kutukan Timnas Italia

Schick lebih pantas menjadi yang kedua karena tak pernah sekalipun menyumbang assist. Lima gol-nya tersebut juga hanya dapat membawa Republik Ceko bertahan hingga babak perempat final.

Ronaldo tetap menjadi pencetak gol terbanyak meski hanya membawa Portugal bertahan sampai 16 besar. Mereka harus tersingkir dari Belgia dengan skor 1-0.

Gol-gol yang diciptakan Ronaldo terjadi pada fase Grup F. Di antaranya, dua gol saat menang 3-0 atas Hungaria, satu gol saat takluk 2-4 dari Jerman, dan dua gol saat imbang 2-2 dengan Prancis.

BACA JUGA: Penantian 53 Tahun Berakhir, Italia Juara Piala Eropa 2020

Sementara satu-satunya assist Ronaldo terjadi pada saat takluk dari Jerman, 19 Juni 2021 silam. Saat itu, ia berhasil mengirimkan umpan ke Diogo Jota yang berhasil mengkonversikan menjadi gol memperkecil kedudukan.

Capaian Ronaldo sebenarnya berpotensi disalip para pemain yang berlaga di partai final. Mereka adalah Harry Kane dan Raheem Sterling bagi Timnas Inggris dan Ciro Immobile dan Lorenzo Insigne bagi Italia.

Harry Kane menjadi yang terdekat dengan torehan empat gol-nya, namun di partai puncak ia tak menyumbang satu pun gol. Sterling diurutan berikutnya dengan membukukan 3 gol dan 1 assist sepanjang Piala eropa 2020.

Sementara bagi Immobile dan Insigne menjadi pencetak terbanyak bagi Gli Azzurri sepanjang Piala Eropa 2020 dengan masing-masing dua gol.

Piala Eropa 2020 ini akhirnya dijuarai oleh Timnas Italia. Setalah bermain imbang 1-1 hingga 120 menit, Italia berhasil lebih unggul saat drama adu penalti dengan skor 3-2.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3092 seconds (0.1#10.140)