Fabio Quartararo, Pembalap dengan Jumlah Lap Terbanyak di Paruh Pertama MotoGP

Rabu, 14 Juli 2021 - 07:04 WIB
loading...
Fabio Quartararo, Pembalap dengan Jumlah Lap Terbanyak di Paruh Pertama MotoGP
Rapor Fabio Quartararo pada paruh pertama MotoGP musim ini terbilang jauh lebih baik ketimbang musim lalu / Foto: Motosan
A A A
JAKARTA - Fabio Quartararo sebenarnya pantas menduduki pemuncak klasemen pembalap semnetara MotoGP 2021 dengan perolehan 156 poin atau unggul 34 angka dari Johann Zarco. Pasalnya, pembalap Monster Energy Yamaha itu telah memimpin lebih dari 35% putaran dengan merebut empat kali menang, enam podium, dan memulai hampir setiap balapan dari posisi terdepan atau lima kali meraih pole position.

Selain poin yang mendongkrak posisi Quartararo , angka-angka yang ditorehkannya di kejuaraan grand prix MotoGP patut diacungi jempol. Empat kemenangan yang diraihnya musim ini jauh lebih baik ketimbang musim lalu.

BACA JUGA: Ini Harapan Marc Marquez untuk Paruh Kedua MotoGP 2021

Data belum berhenti disitu. Menurut laporan Motosan, Selasa (13/7/2021), Quartararo merupakan pembalap yang memimpin lap terbanyak musim ini. Tidak lebih dan tidak kurang dari 36,61% dari semua putaran yang diberikan dalam sembilan putaran pertama tahun ini.

Secara total, Kejuaraan Dunia MotoGP telah memberikan 224 putaran lengkap ke berbagai trek yang telah dikunjungi selama tiga bulan pertama ini. Dengan kata lain, pembalap Prancis itu mendominasi hingga 82 atau lebih dari 200 lap, dan memimpin saat melintasi garis finis.

Menurut data yang dikumpulkan, Quartararo telah mendominasi setidaknya satu putaran di semua balapan yang diadakan di paruh pertama MotoGP musim ini, dengan pengecualian Grand Prix Qatar dan Sachsenring. Pasalnya, di Jerman ia tidak dapat menghadapi Marc Márquez.

BACA JUGA: Marc Marquez Pembalap Terbaik di MotoGP, Crutchlow: Itu Fakta

Tentu saja, 82 lap mendominasi jauh melebihi semua yang terjadi pada musim lalu. Pada tahun sebelumnya, dengan tim Petronas, 'El Diablo' hanya mampu mendominasi 58 lap sepanjang tahun atau hingga empat belas balapan diadakan.

Pembalap kedua dengan jumlah putaran terbanyak adalah Marc Marquez . Suka tidak suka, pembalap tim Repsol Honda yang baru tampil dalam tujuh balapan di paruh pertama MotoGP musim ini, mendominasi 30 putaran.

Berikut Daftar Pembalap dengan Lap Terbanyak Sepanjang Tahun Ini:

1. Fabio Quartararo: 82 lap (Qatar 2, Portimao, Jerez, Le Mans, Mugello, Barcelona, Assen).
2. Marc Márquez: 33 lap (Le Mans dan Sachsenring).
3. Jack Miller: 32 lap (Le Mans, Jerez dan Barcelona).
4. Miguel Oliveira: 21 lap (Barcelona).
5. Francesco Bagnaia: 19 lap (Qatar, Mugello dan Assen).
6. Jorge Martin: 18 lap (Qatar 2).
7. Maverick Vinales: 10 lap (Qatar dan Le Mans).
8. Alex Rins: 5 putaran (Portimao).
9. Johann Zarco: 4 lap (Portimao dan Mugello).
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)