Mengapa Jumlah Penonton di Tiap Stadion Piala Eropa 2020 Berbeda-beda?

Rabu, 14 Juli 2021 - 13:58 WIB
loading...
Mengapa Jumlah Penonton di Tiap Stadion Piala Eropa 2020 Berbeda-beda?
Mengapa Jumlah Penonton di Tiap Stadion Piala Eropa 2020 Berbeda-beda? Foto: IST
A A A
NYON - Seluruh pertandingan Piala Eropa 2020 dipastikan dihadiri oleh penonton. Namun, tidak semua stadion dapat mengakomodasi jumlah penonton yang sama, dengan kapasitas berbeda.

Ada beberapa aturan yang akan diterapkan dalam menghadirkan para penonton di dalam stadion ini. Bahkan setiap negara pun memiliki skema berbeda yang berkaitan dengan jumlah kehadiran penonton.



Berdasarkan laman resmi UEFA, secara umum, para penonton yang hadir diwajibkan mengenakan masker dan mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, di beberapa stadion akan mewajibkan para penonton menyertakan tes Covid-19 dengan hasil negatif.
Mengapa Jumlah Penonton di Tiap Stadion Piala Eropa 2020 Berbeda-beda?

Sementara untuk jumlah sendiri, UEFA menyerahkan jumlah kapasitas kepada setiap negara tuan rumah. Karena setiap negara memiliki kebijakan berbeda mengenai penanganan pandemi Covid-19.

Sebagai contoh, Azerbaijan, Rumania, Skotlandia, Denmark, Rusia, Italia dan Belanda sama-sama sepakat untuk tak mengisi stadion dengan kapasitas maksimal. Mereka hanya memperkenankan antara 25 hingga 50 persen kapasitas stadion.

Saint Petersburg (Rusia) dan Baku (Azerbaijan) telah mengkonfirmasi kapasitas 50 persen hadir. Tetapi, khusus di Azerbaijan, negara itu tidak mengizinkan penonton dari luar negeri, kecuali warga yang datang dari peserta tim Grup A dan perempatfinalis.



Lalu Glasgow (Skotlandia), dan Roma (Italia) akan menampung 25 persen dari kapasitas stadion. Lalu, Kopenhagen (Denmark) membuka kapasitas 40 persen stadion di laga pertama fase grup, dan ditambah menjadi 67 persen di sisa laga.

Sedangkan Amsterdam (Belanda) membuka kapasitas 33 persen saja. Sementara Bucharest (Romania) awalnya membuka kapasitas 25 persen pada fase grup, sebelum mengubahnya menjadi 50 persen di fase grup.

Selain itu, Sevilla, Spanyol akan membuka kapasitas 30 persen stadion atau sekitar 18 ribu penonton. Terakhir, ada Munich, Jerman hanya mengizinkan penggemar masuk ke stadion dengan setidaknya 20 persen kapasitas, sejumlah 14,5 ribu penonton.

Ada pun London, Inggris juga telah mengkonfirmasi kapasitas minimal 25 persen untuk tiga pertandingan fase Grup D.Jumlahnya kemudian ditambah menjadi 50 persen pada pertandingan babak 16 besar. Sedangkan untuk semifinal dan final, kapasitas jumlah penonton ditambah menjadi 67 persen, atau sekitar 60 ribu kepala.

Puskas Arena yang terletak di Budapest, Hungaria menjadi satu-satunya stadion yang mengizinkan kehadiran penonton dengan kapasitas 100 persen. Meski begitu, ada beberapa peraturan ketat yang diterapkan, termasuk menyertakan hasil negatif tes Covid-19 atau sertifikat vaksinasi.

Baca pembahasan seputar sisi lain piala eropa 2020 selengkapnya di Okezone.com melalui link berikut https://www.okezone.com/tag/sisi-lain-piala-eropa
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0875 seconds (0.1#10.140)