Kabar Duka, Mantan Pelatih Timnas Indonesia Ivan Toplak Meninggal Dunia

Rabu, 28 Juli 2021 - 10:38 WIB
loading...
Kabar Duka, Mantan Pelatih Timnas Indonesia Ivan Toplak Meninggal Dunia
Mantan pelatih Timnas Indonesia, Ivan Toplak telah tutup usia. Kepergiannya itu menyisakan luka bagi sepak bola dunia, khususnya Serbia dan Indonesia. Foto: google
A A A
JAKARTA - Mantan pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia , Ivan Toplak dikabarkan telah tutup usia. Kepergiannya itu menyisakan luka bagi sepak bola dunia, khususnya Serbia dan Indonesia.



Menurut laporan dari media Slovenia, Dnevnik, Toplak menghembuskan nafas terakhirnya pada Senin (26/7/2012) waktu setempat. Toplak meninggal dunia di usia 89 tahun dan belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebabnya.

Kabar duka meninggalnya Toplak tersebut terdengar hingga ke Indonesia usai diumumkan oleh PSSI. Federasi Sepak Bola Indonesia itu memberitahukan bahwa pria yang pernah melatih skuad Garuda tersebut telah wafat.

“Turut berduka cita atas wafatnya mantan pelatih Timnas Indonesia periode 1992-1993, Ivan Toplak. Semoga beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa,” bunyi cuitan PSSI di akun twitternya, @PSSI, Rabu (28/7/2021).

Ivan Toplak pernah menangani Indonesia pada periode 1992-1993. Kala itu dia direkrut setelah bertugas cukup baik bersama Yugoslavia.

Selama menjadi pelatih, Toplak pernah menangani Timnas Indonesia, Yugoslavia, San Jose Clash, dan Red Star Belgrade. Untuk Timnas Yugoslavia, Toplak pernah memimpin tim muda seperti U-20 dan U-20 serta tim seniornya.

Toplak memutuskan untuk menjadi pelatih pada musim 1964-1965. Pada saat itu dia langsung dipercaya untuk menangani tim sebesar Red Star. Dia bisa dengan mudah menjadi pelatih tim besar di Serbia itu lantaran pernah jadi pemain.

Tercatat Toplak bermain untuk Red Star dan memutuskan untuk pensiun di tim tersebut pada 1961. Tiga tahun setelah menggantungkan sepatunya, Toplak langsung dipercaya menangani Red Star.

Prestasi terbaik Toplak selama menjadi pelatih mungkin adalah membawa Timnas Yugoslavia U-21 menjdi juara Piala Eropa U-21 pada musim 1977-1978. Itu menjadi satu-satunya trofi yang dapat diraih Toplak selama menjadi pelatih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)