Ini Deretan Rekor yang Tercatat Jika Lewis Hamilton Berjaya di F1 GP Hungaria 2021

Jum'at, 30 Juli 2021 - 07:02 WIB
loading...
Ini Deretan Rekor yang Tercatat Jika Lewis Hamilton Berjaya di F1 GP Hungaria 2021
Lewis Hamilton berpeluang menorehkan sejumlah rekor jika berjaya di GP Hungaria 2021/Foto/reuters
A A A
BUDAPEST - Lewis Hamilton berpeluang menorehkan namanya dengan tinta emas jika berjaya pada balapan Formula 1 (F1) GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring, Minggu (1/8/2021). Pembalap Mercedes itu berpotensi membukukan 100 kemenangan sepanjang karier di ajang balap F1.

Jika juara, itu akan tercatat sebagai kemenangan dan podium terbanyak di satu seri balapan, tepatnya di Sirkuit Hungaroring. Untuk saat ini Hamilton masih menjadi penguasa di Sirkuit Hungaroring. Pembalap tim Mercedes itu sangat sulit dikalahkan dalam beberapa tahun sebelumnya ketika tampil di sirkuit tersebut.



Lewis Hamilton bisa dibilang pembalap yang paling sering menang di Sirkuit Hungaroring dengan delapan kemenangan. Kemenangan yang dia dapatkan pertama kalinya terjadi pada 2007, 2009 dan 2012 bersama tim McLaren. Kemudian lima kemenangan lainnya didapatkan dengan tim yang sekarang dia bela Marcedes pada 2013, 2016, 2018, 2019, dan terakhir 2020.

Jika nanti Lewis Hamilton menang pada seri Hungaria 2021, dia akan menjadikan kemenangan tersebut yang kesembilan kali di Sirkuit Hungaroring. Ini akan menjadi rekor baru sebagai pembalap yang paling banyak memenangi salah satu grand prix.



Sekadar informasi saat ini Michael Schumacher dan Lewis Hamilton masih sama-sama memegang rekor kemenangan delapan kali. Schumacher meraihnya di GP Prancis dan Hamilton di GP Inggris.

Selain itu jika Hamilton atau rekan setimnya Valtteri Bottas memenangkan GP Hungaria, Mercedes akan membuat rekor baru. Mercedes berpeluang menjadi tim pertama yang menang empat tahun berturut-turut di Hungaria.

Rekor lainnya adalah pengumpul podium terbanyak di GP Hungaria. Andai, Hamilton masuk tiga besar di GP Hungaria 2021, maka itu akan menjadi podiumnya yang ke-10. Ini akan membuat Hamilton menjadi pembalap pertama yang pembalap pertama yang mencapai dua digit dalam hal finis podium pada satu balapan.

Pembalap Mercedes saat ini duduk di sembilan podium di Hungaroring, sama dengan Kimi Raikkonen dari Alfa Romeo, meskipun peluang pembalap Finlandia itu untuk menambah nomor itu akhir pekan ini tipis. Di belakang mereka ada Ayrton Senna, Michel Schumacher dan Sebastian Vettel yang semuanya memiliki tujuh podium.

Lewis Hamilton juga memegang catatan 99 kemenangan, 78 diantaranya diraihya bersama Mercedes dan telah naik podium 172 kali. Karena itu, jika ia menang di GP Hungaria 2021, Hamilton akan mencetak 100 kemenangan. Lalu, saat ini ia juga memegang rekor 100 pole position dan telah menang 59 kali dari posisi start terdepan.

Formula 1 (F1) GP Hungaria 2021 adalah seri terakhir sebelum memasuki libur musim panas.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0662 seconds (0.1#10.140)