Jor-joran Beri Bonus Atlet Peraih Medali Olimpiade Jadi Miliuner, Ini Jumlahnya

loading...
Jor-joran Beri Bonus Atlet Peraih Medali Olimpiade Jadi Miliuner, Ini Jumlahnya
Jor-joran Beri Bonus Atlet Peraih Medali Olimpiade Jadi Miliuner, Ini Jumlahnya/ilustrasi Sindonews
Jor-joran beri bonus atlet peraih medali Olimpiade Tokyo. Berapa bonus atlet peraih medali emas, perak, perunggu di Olimpiade Tokyo 2020 selalu menarik diungkap. Ada yang mendadak jadi miliuner hingga yang tidak menerima apa-apa menjadi cerita atlet yang meraih medali di Olimpiade Tokyo.

Dan, berita buruk bagi peraih medali dari Inggris Raya yang sejauh ini telah mengklaim lima emas, tujuh perak, dan enam perunggu.The Independent mengklaim peraih medali Olimpiade Inggris seperti Tom Daley tidak mendapatkan apa-apa meskipun berhasil naik podium.

Baca Juga: Menpora Pastikan Berikan Bonus untuk Semua Atlet yang Tampil di Olimpiade Tokyo 2020

Sebagai perbandingan, Komite Olimpiade dan Paralimpiade AS merogoh sekitar £27.000 atau sekitar Rp450 juta untuk medali emas, £16k (Rp320 juta) untuk perak dan £10k (Rp200 juta) untuk perunggu. Tapi itu bukan apa-apa jika menyangkut negara lain yang cenderung memenangkan lebih sedikit medali.



Atlet Malaysia mendapatkan £17k atau sekitar Rp340 juta untuk perunggu, £52k (Rp1,04 miliar), untuk perak dan £173k (Rp3,4 miliar) untuk emas. Sementara itu, Hong Kong membayar £115k (Rp2,3 miliar) untuk perunggu, £230k (Rp4,6 miliar) untuk perak dan £461k (Rp9,2 miliar) untuk emas.

Tetapi Singapura memberikan yang paling banyak, memberikan £205k (Rp4,1 miliar) untuk perunggu, £266k (Rp5,3 miliar) untuk perak dan £533k (Rp10,6 miliar) untuk emas. Sedangkan lifter Filipina Hidilyn Diaz meraup Rp9,5 miliar untuk medali emas plus rumah yang diraihnya di Olimpiade Tokyo 2020.

Bagaimana atlet Indonesia? Ternyata, bonus atlet Indonesia yang akan diterima atlet peraih medali Olimpiade Tokyo sangat mengiurkan. Eko Yuli Irawan, Erwin Rahmat Abdullah, dan Windy Cantika Asih langsung menjadi miliarder sepulang dari Tokyo. Peraih emas akan mendapat Rp5 miliar, perak Rp2 miliar, dan perunggu Rp1 miliar. Wow!

Baca Juga: Paige Spiranac Gagal Pecah Rekor Dunia Lari 100 Meter

Namun, komite Olimpiade individu pada gilirannya dibayar dengan baik oleh penyelenggara.Komite Olimpiade Internasional akan mengantongi £2,8 Miliar yang mengejutkan dari hak siar televisi. Kantor berita TV Amerika NBC sendiri telah menghabiskan £5,5 miliar untuk menyiarkan semua Olimpiade musim panas dan musim dingin hingga 2032. Dan Tokyo 2020 saja diperkirakan setidaknya merupakan acara senilai £11 miliar.

Adapun nilai sebenarnya dari medali itu sendiri, para penggemar dibuat tercengang oleh betapa rendahnya medali itu. Sebuah medali emas bernilai hanya £587 atau sekitar Rp11,7 juta, karena terbuat dari enam gram emas. Memang, medali tahun ini juga dibuat menggunakan barang elektronik daur ulang, termasuk lebih dari enam juta suku cadang ponsel bekas.
(aww)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top