Pesenam AS Simone Biles Mundur dari Nomor Vault dan Palang Bertingkat

Sabtu, 31 Juli 2021 - 15:02 WIB
loading...
Pesenam AS Simone Biles Mundur dari Nomor Vault dan Palang Bertingkat
Pesenam AS Simone Biles Mundur dari Nomor Vault dan Palang Bertingkat. Foto: ABC
A A A
TOKYO - Pesenam asal Amerika Serikat, Simone Biles , kembali bikin gempar Olimpiade Tokyo 2020. Setelah mundur di final all around perorangan putri, kini Biles mundur di final nomor vault dan balok keseimbangan.

Biles, 24 tahun, memutuskan mundur dari final nomor vault atau kuda-kuda lompat dan palang bertingkat Olimpiade Tokyo 2020 karena ingin fokus pada masalah kesehatan mental. Dengan begitu, Biles sudah absen di dua dari empat nomor senam di Olimpiade Tokyo 2020.

"Setelah berkonsultasi lebih lanjut dengan staf medis, Simone Biles memutuskan untuk mundur dari final nomor vault dan balok keseimbangan," demikian pernyataan resmi tim senam Amerika Serikat, Sabtu (31/7/2021).



Keputusan mundur ini menuai sorotan tajam. Pasalnya, Biles merupakan pemegang medali emas Olimpiade Rio 2016 untuk nomor vault dan balok keseimbangan, sehingga dia dipastikan gagal mempertahankan gelar tersebut.

Biles awalnya diproyeksi menyabet enam medali emas yang membuatnya menjadi Olympian putri tersukses sepanjang masa. Namun, karier atlet kelahiran Ohio, Maret, 1997 berantakan akibat masalah kesehatan mental.

Keputusan mundur yang diambil Biles di Olimpiade Tokyo 2020 diyakini kuat terkait kasus pelecehan seksual yang dilakukan mantan dokter tim senam AS, Nassar. Selama 20 tahun, Larry Nassar terbukti melecehkan 250 atlet yang membuatnya divonis 175 tahun penjara pada 2018.

Di media sosial, Simone Biles kerap merespons berita-berita atau postingan terkait kesehatan mental atlet. Biles juga pernah mengatakan bahwa dirinya merupakan salah satu korban dari kasus pelecehan yang dilakukan Larry Nassar.

Pesenam AS Simone Biles Mundur dari Nomor Vault dan Palang Bertingkat
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2271 seconds (0.1#10.140)