Filipina Kirim Wakil ke Final Tinju Olimpiade Tokyo, Posisi Indonesia Terancam

Kamis, 05 Agustus 2021 - 14:58 WIB
loading...
Filipina Kirim Wakil ke Final Tinju Olimpiade Tokyo, Posisi Indonesia Terancam
Petinju Filipina, Carlo Paalam, saat tampil menghadapi wakil tuan rumah Jepang, Ryomei Tanaka, Kamis (5/8/2021). Foto: Reuters/Ueslei Marcelino
A A A
TOKYO - Filipina berhasil mengirim wakilnya, Carlo Paalam, ke final cabang tinju kelas terbang putra Olimpiade Tokyo 2020 . Posisi Indonesia di tabel perolehan medali menjadi terancam.

Carlo Paalam lolos ke final setelah mengalahkan petinju tuan rumah jepang, Ryomei Tanaka dengan skor 5-0 di semifinal yang berlangsung Kamis (5/8/2021) pagi WIB. Dengan begitu, setidaknya Filipina sudah punya tambahan medali perak di tangan.



Jika menang saat menghadapi petinju asal Inggris, Galai Yafai di babak final pada Sabtu 7 Agustus 2021, maka Paalam bisa memberikan medali emas kedua untuk Filipina. Terlepas mendapatkan perak atau emas di final nanti, satu hal yang pasti adalah berkat Paalam, Filipina dipastikan menyalip posisi Indonesia di klasemen perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020.

Filipina akan menjadi negara Asia Tenggara dengan pencapaian terbaik di Olimpiade Tokyo 2020. Tentunya hal itu sangatlah mengecewakan untuk pendukung Indonesia. Pasalnya banyak yang berharap Indonesia setidaknya menjadi negara Asia Tenggara yang paling berprestasi di Olimpiade Tokyo 2020.

Dari 11 negara Asia Tenggara yang tampil di Olimpiade Tokyo 2020, awalnya Indonesia sudah sempat memimpin. Namun, dapat dipastikan Filipina kini telah menjadi yang terbaik berkat sumbanga medali yang akan segera diberikan oleh Paalam.

Perolehan lima medali yang terdiri dari satu emas, satu perak, dan tiga perunggu sempat menjadikan Indonesia sebagai wakil Asia Tenggara terbaik di klasemen perolehan medali Olimpiade Tokyo 2020.

Akan tetapi, kini Indonesia terpaksa harus turun ke peringkat kedua dalam daftar negara Asia Tenggara yang tampil di Olimpaide Tokyo 2020. Paalam yang sukses ke final tinju kelas terbang putra membuat Filipina bakal menjadi negara Asia Tenggara terbaik di Olimpiade Tokyo 2020.

Bila dilihat sekarang perolehan medali Filipina tentu masih tiga medali, yakni masing-masing satu emas, perak, dan perunggu. Namun setelah Paalam memainkan laga final melawan Yafai pada sabtu 7 Agustus 2021 mendatang, maka Filipina bisa mendapatkan satu tambahan perak atau bahkan emas.

Indonesia sendiri dipastikan takkan mendapatkan medali tambahan karena semua wakil telah tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Nurul Akmal yang merupakan seorang lifter yang turun di kelas +87 kg putri menjadi perwakilan Indonesia terakhir yang tampil di Olimpiade Tokyo 2020.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3562 seconds (0.1#10.140)