9 Kali Juara Dunia, Valentino Rossi Salah Satu Legenda Terbesar MotoGP

loading...
9 Kali Juara Dunia, Valentino Rossi Salah Satu Legenda Terbesar MotoGP
Valentino Rossi saat tampil bersama tim balap Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2021. Foto: larazon.es
SPIELBERG - Valentino Rossi mengumumkan pensiun dari lintasan balap MotoGP . Meski belakangan Rossi susah naik podium, pembalap berjuluk The Doctor merupakan salah satu legenda terbesar dalam grand prix sepeda motor.

Rossi mengawali kariernya di ajang grand prix pada kelas 125 cc dengan motor pabrikan Aprilia. Debutnya tercatat pertama kali di GP Malaysia 1996. Setelah 10 kali balapan di musim pertamanya, Rossi naik podium untuk kali pertama di GP Austria 1996.

Baca Juga: Valentino Rossi Umumkan Pensiun dari MotoGP

Prestasi Rossi meningkat tajam di musim keduanya di tahun 1997 ketika tampil di kelas 125cc. Ia berhasil meraih 13 podium dan 11 kemenangan. Torehan ini mengantarkan Rossi sebagai juara dunia kelas 125cc dengan total 321 poin saat itu.



Sejak saat itu Rossi mulai diperhitungkan sebagai pembalap muda berbakat. Pada tahun 1998, Rossi naik ke kelas 250cc, masih bersama Aprilia. Pada debutnya di kelas 250cc Rossi sukses menggondol 9 podium dengan 5 kemenangan dan sukses menjadi runner up di bawah Loris Capirossi .

Setahun berselang, Rossi kembali menunjukan kehebatannya dengan meraih juara dunia kelas 250cc dengan torehan 9 kemenangan dan 12 podium. Lalu pada tahun 2000 Rossi naik ke kelas premier GP500cc bersama tim satelit Honda.

Pada musim perdananya bersama Honda, Rossi masih beradaptasi dan hanya mampu finis runner up dibawah Kenny Roberts Jr. Pada tahun 2001 Rossi mulai menggila dengan meraih gelar juara dunia perdana di kelas MotoGP. Rossi sukses meraih 11 kemenangan dan 13 podium bersama Honda.

Kemudian pada tahun 2002 Rossi akhirnya pindah ke tim utama Honda, Repsol Honda Racing team. Pada tahun ini sekaligus berhasil beradaptasi dengan memboyong juara dunia pada tahun 2002 sampai 2003.

Prestasi Rossi masih berlanjut di tahun 2005 dengan mempertahankan gelar juara sekaligus gelar yang ke-4 secara beruntun di kelas utama. Pada tahun 2006, pembalap asal Italia itu mendapatkan perlawanan sengit dari pada pembalap motogp seprti Nicky Hayden, Capirossi, dan pendatang baru Dani Pedrosa. Pada tahun ini Rossi gagal mempertahankan gelar juara.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top