Pandemi Corona Bikin 13% Pesepak Bola di Dunia Depresi

Selasa, 21 April 2020 - 09:57 WIB
loading...
Pandemi Corona Bikin 13% Pesepak Bola di Dunia Depresi
Foto/ilustrasi.istimewa
A A A
HOOFDDORP - Pandemi corona yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir membuat banyak pemain sepakbola mengalami depresi. Menurut Asosiasi Pesepak Bola Internasional (FIFPro), setidaknya 13 persen pemain mengalami gejala depresi. Kendati terlihat kecil, angka itu mengalami peningkatan, dari 6 persen dari periode Desember 2019-Januari 2020.

FIFPro mengumpulkan data 1.602 pemain yang berasal dari 16 negara berbeda sejak 22 Maret hingga 14 April. Sementara responden pada periode Desember 2019-Januari 2020 hanya 307 pemain.

Sekretaris Jenderal FIFPRO Jonas Baer-Hoffmann menilai kejadian itu merupakan gambaran dari situasi di masyarakat umum. Apalagi bagi beberapa pemain dari negara asing yang tengah merantau.

“Kami sadar keadaan ini merupakan gambaran di masyarakan luas. Usia kontrak pemain rata-rata di bawah dua tahun. Banyak dari mereka tinggal di negara asing, tanpa ada saudara yang mendampingi,” kata Baer-Hoffmann dikutip dari Sky Sports.

Akibat pandemi virus corona, mayoritas kompetisi memang mengalami penundaan yang berkepanjangan. Bahkan, tak sedikit di antaranya harus dibatalkan. Tanpa ada pertandingan, tim pun tak memiliki penghasilan.

Para pemain pun merasakan akibatnya, dengan harus menerima pemotongan gaji. Padahal, tidak semua pemain bisa beruntung bisa memiliki sponsor pribadi, dan hanya mengandalkan sepak bola.

“Kebanyakan dari mereka sangat tergantung dengan kemampuan sepak bolanya sebagai penghasilan. Mereka tidak siap untuk menghadapi keadaan yang akan datang selanjutnya,” ujarnya.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3845 seconds (0.1#10.140)