Murat Yakin Calon Pelatih Anyar Timnas Swiss?

Minggu, 08 Agustus 2021 - 20:07 WIB
loading...
Murat Yakin Calon Pelatih Anyar Timnas Swiss?
Murat Yakin disebut-sebut sebagai calon pelatih Timnas Swiss. Foto: IST
A A A
BERN - Pada mulanya muncul nama nama besar. Dari Arsene Wenger hingga Joachim Loew . Lalu Lucien Favre, Marcell Koller, bahkan Juergen Klinsmann. Bahkan, nama Ottmar Hitzfeld juga sempat muncul. Diikuti Urs Fischer, Alex Frei, atau Martin Schmidt. Setidaknya, nama yang pernah menoreh prestasi di dunia kepelatihan.

Mendekati hari H tiba-tiba meretas nama Murat Yakin. Ya, Murat Yakin, yang kini melatih FC Schaffhausen, klub di Challenge League Swiss, kasta kedua di peringkat sepak bola Heidiland. Murat Yakin sebagai pemain pernah berjaya bersama FC Basel dan Timnas Swiss , sebagai pelatih masih menjadi tanda tanya.

"Pada dia (Murat Yakin), ada kelemahan motivasi yang besar," kata Christian Constantin, President FC Sion, Wallis, yang pernah merekrutnya sebagai pelatih FC Sion, untuk beberap bulan.

Lihat Foto: Tangisan "La Pulga" di Camp Nou, Lionel Messi Pamit!

SFV, Federasi Sepak Bola Swiss, memang dikejar waktu. Setelah Vladimir Petkovic memutuskan pindah ke Bodreaux, Perancis, SFV harus memikirkan penggantinya, yang bulan September mendatang menghadapi babak kualifikasi Piala Dunia di Katar.

Nama nama besar di atas, yang juga didambakan pencinta sepak bola Swiss, satu persatu menolak tawaran SFV. Arsene Wenger memutuskan lebih konsentrasi perannya di markas besar Fifa di Zurich. Lucien Favre menyatakan saat ini tetap ingin istirahat sejenak. Begitu juga Urs Fischer, pelatih Union Berlin, masih ingin berkarir lebih lama di Berlin.

Menjelang detik detik terakhir, muncul nama Bernhard Chalandes, Rene Willer, Alexander Frei dan Fabio Celestini. Jika tiba tiba nama Murat Yakin tiba tiba berada di peringkat paling atas, merupakan kejutan tidak biasa. "Pilihan yang berani, sangat berani," komentar salah satu jurnalis Swiss.

Meskipun belum resmi sebagai pelatih Timnas Swiss, diyakini tampilnya Murat Yakin hanya soal formalitas semata. Pekan ini nama Murat Yakin akan diumumkan secara resmi oleh SFV. "TInggal tanda tangan saja," tulis Blick, salah satu koran Swiss.

SFV pernah berhasil membujuk nama besar untuk menangani Timnas Swiss, yakni Roy Hodgson dan Ottmar Hitzfeld. Selebihnya adalah pelatih lapis kedua. dari Vladimir Petkovic hingga Gilbert Gress. Dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Swiss terancam masuk babak play off, karena bersama grup tangguh dunia, yakni juara Eropa Timnas Italia.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2119 seconds (0.1#10.140)