Indonesia Tangguh dan HUT Ke-76 RI, Arti Pahlawan Olahraga Versi Triyaningsih

Sabtu, 14 Agustus 2021 - 10:03 WIB
loading...
Indonesia Tangguh dan HUT Ke-76 RI, Arti Pahlawan Olahraga Versi Triyaningsih
Tentunya ada sebuah kebanggaan ketika Triyaningsih mampu mengerek bendera Merah Putih di event bergengsi / Foto; Instagram Triyaningsih
A A A
JAKARTA - Setiap orang memiliki kesempatan untuk mengharumkan nama bangsa di kancah internasional, termasuk dari gelanggang olahraga. Para atlet akan mengorbankan segalanya agar bendera Merah Putih berkibar dan lagu Indonesia Raya berkumandang di negeri orang. Artinya, para atlet memiliki satu kesamaan, yakni ingin mengenalkan pada dunia bahwa Indonesia punya atlet-atlet yang mampu mengguncang dunia lewat dunia olahraga.

Triyaningsih merupakan salah satu atlet yang rajin memberikan prestasi untuk Indonesia. Saking rajinnya, pelari berusia 34 tahun itu sampai mendapatkan julukan sebagai Ratu lari jarak jauh.

Ya, Triyaningsih adalah pelari spesialis cabang atletik SEA Games di tiga nomor lari yaitu 5.000 meter, 10.000 meter, dan maraton. Dari keikutsertaannya tersebut ia pun berhasil menggondol 11 medali pada Pesta Olahraga Asia Tenggara.

BACA JUGA: Indonesia Tangguh dan Hut Ke-76 RI, Ginting Makin Terpacu Harumkan Tanah Air

Tentunya ada sebuah kebanggaan ketika Triyaningsih mampu mengerek bendera Merah Putih di event bergengsi. Tak hanya di level Asia saja, Triyaningsih juga pernah tampil di Olimpiade London 2012.

Meski tidak menorehkan prestasi, namun Triyaningsih mengaku bangga lantaran ia bisa tampil melawan atlet terbaik di dunia. "Senang bisa bertanding dengan para atlet terbaik dunia, walau saya belum masuk 10 besar tapi itu merupakan pengalaman yang sangat berharga buat saya," tuturnya lewat pesan singkatnya yang diterima SINDOnews, Jumat (13/8/2021).

Ditanya mengenai persiapan tampil di Olimpiade Paris 2024 , Triyaningsih mengaku niat untuk tampil ada. Tetapi saat ini fokusnya di PON Papua.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Beli Sneakers Besutan Greysia Polii Seharga Rp1,1 Juta

"Keinginan untuk bisa tampil di Olimpiade Paris 2024 sih ada.. tapi saat ini saya masih fokus dulu di PON," beber Triyaningsih.

Melihat sederet prestasi tersebut Triyaningsih layak mendapatkan stempel pahlawan olahraga. Lantas, apa arti pahlawan olahraga menurut atlet kelahiran Semarang 15 Mei 1987?

"Bendera merah putih dikibarkan di negeri orang hanya untuk dua hal. Pertama, saat kedatangan presiden Indonesia. Kedua, saat atlet Indonesia berprestasi," jelas Triyaningsih.

"Karena itulah, Pahlawan olahraga adalah mereka yang berjuang untuk membangun prestasi olahraga Indonesia, berjuang mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia. Memiliki integritas, dan tidak mengkhianati bangsa," tambah atlet yang tengah persiapan menuju PON Papua tersebut.

Disinggung mengenai harapan untuk olahraga di Indonesia, Triyaningsih berharap agar prestasi olahraga di Indonesia lebih baik. "Semoga prestasi Olahraga di Indonesia lebih baik dan masyarakat juga semakin banyak yang sadar untuk berolahraga," cetusnya.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)