Tony Gunawan sang Juara Olimpiade, Selalu Kangen Indonesia, Begini Kehidupannya Sekarang

Rabu, 18 Agustus 2021 - 12:56 WIB
loading...
Tony Gunawan sang Juara Olimpiade, Selalu Kangen Indonesia, Begini Kehidupannya Sekarang
Tony Gunawan Juara Olimpiade, Selalu Kangen Indonesia, Begini Kehidupannya Sekarang/Instagram Tony Gunawan
A A A
Tony Gunawan sang Juara Olimpiade asal Surabaya sejak 2011 resmi menjadi warga negara Amerika Serikat. Begini kehidupan Arek Suroboyo sekarang di Negeri Paman Sam.

Sebuah pilihan hidup yang diambil pria berusia 46 tahun tersebut saat memutuskan menjadi Warga Negara Amerika Serikat. Tony memutuskan pindah semata-mata untuk menjalani kehidupan yang lebih baik demi masa depannya selepas pensiun dari bulu tangkis.



Tony kini menjadi pelatih kepala di Global Badminton Academy GBA di Amerika Serikat. Akademi bulu tangkis ini milik Tony sendiri. Sebuah pekerjaan yang ditekuninya sejak awal kepindahan ke Negeri Paman Sam pada 2001. Sebelum pindah ke AS, Tony mengharumkan nama Indonesia meraih medali emas Olimpiade Sydney 2000 bersama Candra Wijaya dan juara dunia ganda putra bersama Halim Haryanto pada 2001.

Pada usia 26 tahun, Tony berketetapan hati untuk melanjutkan sekolah di Amerika. Niat awal untuk sekolah dan melatih.Dia kemudian melatih untuk membiayai sekolah dan kehidupannya di negeri adi daya tersebut.

Tony mulai menjadi pelatih sejak 2002 untuk mendapatkan tambahan biaya hidup di AS. Tony mulai melatih di klub Orange Country Badminton Club. Sambil melancarkan bahasa Inggris, Tony mulai belajar bahasa universal tersebut selama setahun.

Sosok Tony Gunawan memang istimewa. Di masa jayanya menjadi pemain, dia menjadi satu-satunya pemain yang menjadi juara dunia untuk 2 negara: Indonesia dan AS. Pada 2001, Tony yang berpasangan dengan Halim Haryanto menjadi juara dunia. Empat tahun berselang, dengan membawa bendera AS, Tony menjadi juara dunia bersama Howard Bach pada 2005.



Kini Tony berfokus untuk membesarkan Akademi Bulu Tangkis miliknya untuk memberikan wadah bagi pemain AS berlatih bulu tangkis. Dia berharap bisa melahirkan pebulu tangkis hebat dari AS.

Kendati kini pindah kewarganegaraan Amerika, Tony masih memiliki nasionalisme terhadap Indonesia. Dia selalu kangen ingin pulang ke Indonesia. Apalagi orang tua dan keluarga banyak di Indonesia. ’’Saya selalu punya keinginan pulang ke Indonesia. Saya besar di Indonesia,’’kata bapak dua anak tersebut dari istrinya Eti Tantra.

Kecintaan Tony terhadap Indonesia juga ditunjukkan saat mengikuti perjuangan pebulu tangkis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Dia ikut memberikan dukungan kepada Anthony Sinisuka Ginting yang berjuang meraih perunggu tunggal putra dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang membuat sejarah meraih medali emas ganda putri untuk Indonesia.

Sorotan Karir
Olimpiade: Emas (2000)
Kejuaraan Dunia: Emas (2001, 2005)
All England: Juara (1999, 2001)

Penghargaan Utama lainnya
Final Grand Prix Dunia: Juara (1999, 2000)
Kejuaraan Badminton Asia: Pemenang (2000)
Indonesia Open: Pemenang (2000, 2006)
Jepang Terbuka: Pemenang (2000, 2006, 2007)
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)