Manny Pacquiao Legenda Tinju 4 Dekade, Satu-satunya Petinju Juara 8 Divisi

Selasa, 24 Agustus 2021 - 07:49 WIB
loading...
Manny Pacquiao Legenda Tinju 4 Dekade, Satu-satunya Petinju Juara 8 Divisi
Manny Pacquiao Legenda Tinju 4 Dekade, Satu-satunya Petinju Juara 8 Divisi/Hafey/Boxing Scene
A A A
Manny Pacquiao sang legenda tinju empat dekade dari 1990, 2000, 2010, 2020, dan satu-satunya petinju juara delapan divisi. Sabtu lalu, Pacquiao kalah angka dari Yordenis Ugas dalam pertarungan ke-72. Akankah kekalahan itu menjadi akhir dari era sang legenda 4 dekade asal Filipina tersebut?

Hampir satu dekade yang lalu Manny Pacquiao diperingatkan bahwa, ketika tiba saatnya untuk melepas sarung tinju selamanya, dia akan diberitahu sebelum terlambat. ’’Saya mengatakan kepadanya sejak lama: ’’Ketika Anda selesai, saya akan memberi tahu Anda,’’kata Freddie Roach, pelatihnya selama hampir 20 tahun terakhir, mengatakan kepada Sky Sports.

’’Hari itu belum tiba. Dia belum selesai.’’



Tidak ada petarung yang pernah mengalahkan Father Time, begitu kata mereka, tapi Pacquiao memberinya pukulan yang sangat sulit. Pacman sekarang berusia 42, pertarungannya dengan Yordenis Ugas adalah yang pertama dalam dua tahun.

Mungkin itu juga yang terakhir baginya.Selanjutnya, dia akan mencalonkan diri sebagai presiden Filipina, jadi bagaimana 'Pacman' yang luar biasa itu menyeimbangkan karier yang berkembang dalam politik sambil menolak untuk mengakhiri tinjunya?

Ini adalah ceritanya.Hal-hal berbeda di gym Wild Card akhir-akhir ini, terutama pada hari Rabu. Di tahun-tahun berlalu, Pacquiao akan menjalani minggu yang melelahkan, tetapi sekarang dia dipaksa untuk beristirahat di hari kedua.

’’Saya berbeda sekarang karena, ketika Anda bersiap untuk bertarung dengan bekerja keras setiap hari, itu tidak cukup untuk memulihkan tubuh Anda dalam semalam," kata pria hebat itu kepada Sky Sports.

Pacquiao memulai debutnya sembilan divisi berat lebih ringan pada tahun 1995. Dia adalah satu-satunya petinju yang pernah menjadi juara delapan divisi, memenangkan 62 dari 72 pertarungan termasuk melawan saingan Hall of Fame. Dia adalah satu-satunya petinju dalam sejarah yang menjadi juara dunia dalam empat dekade berbeda.



Kemenangan KO-nya atas Ricky Hatton, kuartet pertarungannya yang sensasional dengan Juan Manuel Marquez dan menang atas Oscar De La Hoya akan dikenang dalam ingatan.Bahkan delapan kekalahannya menambah pengetahuan unik ini - dia di-KO secara mengerikan oleh Marquez, dia secara kontroversial kalah dari Jeff Horn di Australia.

Pacquiao kalah dua kali sebelum ada yang pernah mendengar tentang dia. Orang pertama yang mengalahkannya, Rustico Torrecampo, menjadi buronan pembunuhan yang keberadaannya tidak diketahui tetapi rincian terbaru di sekelilingnya didokumentasikan oleh Sky Sports tahun lalu.

Yordenis Ugas, petinju Kuba yang membelot, menjadi petinju kedelapan yang mengalahkan Pacquiao.Jika kekalahan itu berarti mengakhiri karirernya di ring yang gemilang, waktunya terasa tepat.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)