Dinyatakan Pemenang F1 GP Belgia 2021, Verstappen Tidak Dapat Poin Penuh

Senin, 30 Agustus 2021 - 09:30 WIB
loading...
Dinyatakan Pemenang F1 GP Belgia 2021, Verstappen Tidak Dapat Poin Penuh
Max Verstappen dinyatakan sebagai pemenang lomba Formula One (F1) GP Belgia 2021/foto/Twitter
A A A
STAVELOT - Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen dinyatakan sebagai pemenang lomba Formula One (F1) GP Belgia 2021 yang resmi dihentikan akibat cuaca buruk di Sirkuit Spa-Francorchamps, Minggu (29/8/2021). Para pembalap di posisi 10 besar tetap mendapat poin, namun hanya separuh.

Hujan deras langsung memakan korban sebelum balapan dimulai. Pembalap Tim Red Bull Racing Sergio Perez yang melaju pelan di putaran pemanasan (warm-up lap) mengalami selip di bannya hingga mobilnya menabrak pembatas.



Akhirnya, Perez harus menepi lebih dulu ke pit-line untuk memperbaiki mesinnya. Ini merupakan kerugian lantaran Perez sebenarnya memulai balapan dari posisi kedua.

Balapan yang seharusnya dimulai pukul 15.00 waktu setempat atau 20.00 WIB awalnya ditunda hingga 20.15 WIB. Namun, pada pukul segitu cuaca tak kunjung membaik dan penyelenggara kembali menunda 15 menit berikutnya.



Pihak penyelenggara pun sempat mencoba kesempatan untuk memulai balapan dipandu dengan Safety Car. Namun, hampir seluruh pembalap mengeluhkan buruknya daya pandang di lintasan karena hujan tak kunjung reda.

Akhirnya, penyelenggara memutuskan mengibarkan bendera merah untuk menunda lebih lama lagi balapan. Pasalnya, hujan tak kunjung berhenti mengguyur Sirkuit Spa.

Tepat pukul 23:17 WIB, balapan pun resmi dimulai. Namun, balapannya tidak langsung dilakukan dalam kecepatan penuh. Karena hujan yang masih mengguyur, Safety Car masih memimpin balapan.

Namun, belum sampai 10 menit atau empat lap balapan berlangsung di belakang Safety Car, hujan makin deras mengguyur Sirkuit Spa. Bendera merah pun terpaksa dikibarkan.

Keadaan itu membuat Safety Car memandu para pembalap ke garis pit. Namun, hitung mundur terus berjalan, hingga akhirnya balapan dinyatakan tak bisa dilanjutkan.

Dengan begitu, Max Verstappen dinyatakan sebagai pemenang, disusul George Russel dan Lewis Verstappen. Namun, seluruh pembalap di 10 besar hanya dihadiahi poin setengah dari yang seharusnya didapatkan.

Berdasarkan regulasi yang diperbarui untuk musim 2021, batas balapan harus finis pada pukul 23.25 WIB. Bila selama itu tidak mencapai 75% dari 39 putaran yang ditentukan, maka pembalap hanya mendapatkan setengah poin di balapan kali ini.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)