Teknik Dasar Sepak Bola: 4 Jenis Tendangan Paling Lazim dan Efektif

Sabtu, 04 September 2021 - 21:48 WIB
loading...
Teknik Dasar Sepak Bola: 4 Jenis Tendangan Paling Lazim dan Efektif
Cristiano Ronaldo mengambil set piece dengan teknik tendangan tertentu. Foto: Ilustrasi tendangan/IST
A A A
JAKARTA - Tendangan merupakan salah satu teknik dasar dalam sepak bola . Meski terdapat pula dribbling, passing, heading, dan controlling, namun tendangan merupakan esensi dari olahraga sepak bola.

Teknik dasar menendang bola sangat menentukan kualitas sepakan yang dihasilkan seorang pemain. Setidaknya, ada empat teknik yang umum digunakan oleh para pemain profesional untuk dapat menghasilkan tendangan yang akan sulit dibendung oleh lawan.

4. Menendang dengan Ujung Kaki
Teknik Dasar Sepak Bola: 4 Jenis Tendangan Paling Lazim dan Efektif

Untuk melakukan teknik ini, posisi badan harus berada di belakang bola dan letakan bagian depan kaki tepat di belakang bola dengan lurus. Setelah itu, ayunkan kaki ke belakang lalu tendang bola menggunakan ujung kaki di bagian tengah sembari menahan kaki agar tidak mengikuti gerak bola yang maju ke depan.



Teknik yang satu ini biasa dilakukan ketika keadaan kepepet saja, meski begitu tendangan yang satu ini tetap mampu menghasilkan tendangan yang keras dan dapat menyulitkan lawan untuk menahannya.

3. Menendang dengan Bagian Luar Kaki
Teknik Dasar Sepak Bola: 4 Jenis Tendangan Paling Lazim dan Efektif

Teknik yang satu ini dapat menghasilkan tendangan yang cukup akurat dan salah satu yang paling sering digunakan. Untuk melakukannya, tubuh harus berada di samping bola dengan meletakan kaki yang menjadi tumpuan sejajar dengan bola.

Selanjutnya, ayunkan kaki kebelakang dan tendang bola menggunakan bagian luar agar bola dapat melambung dengan dengan kecepatan yang cukup tinggi. Tendangan yang satu ini kerap digunakan untuk mengelabui lawan yang dapat menyulitkan.

2. Menendang dengan Punggung Kaki
Teknik Dasar Sepak Bola: 4 Jenis Tendangan Paling Lazim dan Efektif

Teknik yang satu ini menjadi salah satu cara yang kerap digunakan oleh seorang pemain untuk menghasilkan tendangan yang terarah dan kencang. Untuk dapat melakukan tendangan itu secara maksimal, tubuh harus berada di belakang bola dengan kaki yang sejajar dengan bola.

Lalu, tarik kaki yang digunakan dan ayun kan sekuat tenaga sambil mencondongkan badan ke depan agar mendapatkan tendangan yang maksimal. Arahkan bola ke tempat yang kita inginkan dan lakukan dengan sekeras-kerasnya.

1. Menendang dengan Kaki Bagian Dalam
Teknik Dasar Sepak Bola: 4 Jenis Tendangan Paling Lazim dan Efektif

Biasanya teknik yang satu ini digunakan untuk melakukan tendangan jarak dekat. Meski biasanya tidak membutuhkan tenaga yang besar untuk dapat melakukan tendangan tersebut, namun untuk melakukannya harus tetap hati-hati agar tidak melenceng.

Ayunkan kaki dari depan ke belakang dan pastikan bola berada di tengah kaki bagian dalam agar tendangan tepat sasaran. Karena biasanya tendangan ini tidak kencang, maka kita juga harus memperhatikan keberadaan lawan agar bola tidak direbut.

Itulah teknik dasar menendang bola yang bisa kamu pelajar agar dapat lebih mahir untuk bermain sepak bola. Untuk dapat melakukannya dengan sempurna, diperlukan latihan rutin tubuh terbiasa.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)