Hasil Polandia vs Inggris: Gagal Menang, Southgate Ngaku Salah Strategi

loading...
Hasil Polandia vs Inggris: Gagal Menang, Southgate Ngaku Salah Strategi
Hasil Polandia vs Inggris: Gagal Menang, Southgate Ngaku Salah Strategi. Foto: IST
WARSAWA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris Gareth Southgate buka suara terkait tidak adanya pergantian pemain timnya saat melawan Polandia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Menurutnya, itu bukan bagian dari rencana awal.

Laga yang berlangsung di Stadion Nasional Warsawa, Kamis (9/9/2021) ini berakhir imbang dengan skor 1-1. The Three Lions unggul lebih dahulu melalui tendangan keras Harry Kane dari luar kotak penalti pada menit ke-72.

Baca Juga: Polandia vs Inggris; Tiga Singa Urung Mengaum

Namun sayang keunggulan itu buyar ketika memasuki menit tambahan waktu di babak kedua. Melalui kaki Damian Szymanski (90+2) yang memanfaatkan umpan Robert Lewandowski membuat Polandia menyamakan kedudukan.



Dalam laga ini, Gareth Southgate dipertanyakan karena tidak menggunakan kuota pergantian pemain selama pertandingan. Bahkan ada yang menganggap gagal menangnya pasukan The Three Lions tak lepas dari keputusan aneh tersebut.

Namun pelatih berusia 51 tahun ini mengatakan tak ada rencana itu sejak awal. Ia pun mengaku sempat ingin melakukan pergantian pemain di menit akhir namun dirasa percuma.

“Kami ingin melakukan pergantian pemain menjelang akhir, tetapi ketika gol masuk kami pikir tidak ada gunanya karena kami akan menambah waktu,” kata Southgate dikutip laman Fotmob.

Southgate pun berargumen bahwa Inggris tengah berada permainan yang bagus dan solid hingga menit akhir pertandingan. Oleh sebab itu, ia rasa tidak perlu mengubah atau mengganti pemain-pemain yang sudah ada.

“Kami bermain bagus, kami memegang kendali. Pada saat-saat itu, tidak mudah untuk masuk sebagai pemain pengganti dan kami akan menurunkan pemain untuk itu, terus terang,” lanjutnya.

"Kami berada dalam kendali penuh, tidak ada masalah, mengapa mengganggu ketika Anda memegang kendali?" tandasnya.



Sekadar informasi, keputusan Southgate ini mengulangi sejarah Timnas Inggris sejak 1996 silam. Kala itu, Inggris dilatih oleh Terry Venables dikalahkan Jerman di laga semifinal Piala Eropa 1996 melalui drama adu penalti.
(sto)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top