IOC Sanksi Korea Utara Dilarang Tampil di Olimpiade, Ini Alasannya

Kamis, 09 September 2021 - 08:45 WIB
loading...
IOC Sanksi Korea Utara Dilarang Tampil di Olimpiade, Ini Alasannya
IOC Sanksi Korea Utara Dilarang Tampil di Olimpiade, Ini Alasannya/The Sun
A A A
Komite Olimpiade Internasional IOC sanksi Korea Utara berupa larangan tampil di Olimpiade karena melanggar aturan sportivitas. Hukuman itu dijatuhkan IOC setelah Korea Utara menjadi satu-satunya negara yang tidak mengirim atlet ke Olimpiade Tokyo 2020.

Ketua IOC Thomas Bach menegaskan Korea Utara akan dilarang tampil di Olimpiade hingga akhir tahun depan sebagai akibat dari ketidakhadirannya di Tokyo. Artinya, Korea Utara tidak akan diizinkan mengirim tim resmi ke Olimpiade Musim Dingin Beijing pada Februari.



Namun, ketua IOC dapat mengizinkan atlet Korea Utara individu yang memenuhi syarat untuk ambil bagian di bawah bendera Olimpiade. Sebuah pernyataan dari IOC mengatakan: "Sepanjang proses, PRK NOC diberi kesempatan yang adil untuk didengar, dan menerima peringatan yang sangat jelas tentang konsekuensi dari posisinya dan fakta bahwa setiap pelanggaran Piagam Olimpiade pada akhirnya akan mengekspos PRK. NOC untuk tindakan dan sanksi yang diberikan dalam Piagam Olimpiade."

Mereka melanjutkan dengan menambahkan bahwa 'jaminan untuk penyelenggaraan Olimpiade yang aman' dan vaksin untuk atlet Korea Utara 'secara sistematis ditolak oleh PRK NOC'. Keputusan IOC untuk melarang Korea Utara datang hanya tiga tahun setelah mereka mempelopori gagasan negara itu bergabung dengan Korea Selatan di Olimpiade Musim Dingin 2018 di PyeongChang.

Tim hoki es gabungan dibentuk dan kedua negara berbaris bersama selama Upacara Pembukaan. IOC memuji kemajuan itu sebagai contoh perdamaian. Bach kemudian pergi menemui pemimpin tertinggi Korea Utara untuk 'menyatakan penghargaannya atas partisipasi para atlet PRK NOC'.



Sementara itu, Bach juga mengungkapkan bahwa IOC membantu memastikan semua atlet Afghanistan di Olimpiade dan Paralimpiade diberikan suaka di negara lain dan tidak dipaksa untuk kembali ke Kabul setelah kembalinya kekuasaan Taliban.
IOC juga melakukan intervensi untuk mengatur 'visa kemanusiaan' yang memungkinkan 'anggota komunitas Olimpiade' di negara itu diterbangkan keluar saat negara itu jatuh ke tangan Taliban.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1703 seconds (0.1#10.140)