Sejarah Piala Sudirman dan Rekor yang Tercipta: China Masih Pengumpul Gelar Terbanyak

Jum'at, 10 September 2021 - 21:30 WIB
loading...
Sejarah Piala Sudirman dan Rekor yang Tercipta: China Masih Pengumpul Gelar Terbanyak
Sejarah Piala Sudirman dan Rekor yang Tercipta: China Masih Pengumpul Gelar Terbanyak. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Piala Sudirman merupakan kejuaraan bulu tangkis beregu campuran internasional yang mempertandingkan seluruh sektor. Turnamen dwitahunan juga selalu melahirkan catatan dan rekor menarik.

Menurut catatan sejarah, Piala Sudirman diambil dari nama tokoh salah satu tokoh legenda bulu tangkis asal Indonesia yaitu Dick Sudirman yang sekaligus dijuluki sebagai bapak bulu tangkis Indonesia.

Baca Juga: Lionel Messi Lewati Rekor Pele, Resmi Jadi Pemain Tersubur di Amerika Selatan

Selain itu, Dick Sudirman merupakan pendiri organisasi Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia atau yang lebih dikenal sebagai PBSI . Kejuaraan Piala Sudirman hingga kini masih eksis dan masih bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia khususnya para pencinta bulutangkis.

Ajang Piala Sudirman tidak seperti pertandingan bulutangkis pada umumnya yang memperebutkan hadiah uang dan medali. Akan tetapi, Piala Sudirman dilaksanakan untuk membela Negara dan memperoleh poin peringkat BWF.

Trofi Piala Sudirman sendiri dirancang oleh salah satu seniman asal Fakultas Seni Rupa Institut Teknologi Bandung bernama Rusnadi. Pada bagian atas Piala Sudirman terlihat berbentuk Candi Borobudur yang merupakan salah satu ikon sejarah Indonesia.

Pada bagian badan trofi Piala Sudirman dibentuk menyerupai kok yang dilapisi emas 22 karat dengan berat 600 gram dan memiliki tinggi sekitar 80 cm. pembuatan Piala Sudirman telah menelan biaya sekitar 15 ribu Dollar AS atau sekitar Rp27 juta saat itu.

Perhelatan Piala Sudirman pertama kali dilaksanakan pada 24-29 Mei tahun 1989 di Indonesia tepatnya di Istora Senayan, Jakarta. Pada kejuaraan tersebut, Indonesia berhasil menjuarai pertandingan untuk pertama kalinya usai menaklukan Korea Selatan.

Saat ini, rekor kemenangan kejuaraan Piala Sudirman dipegang oleh Negara China dan Korea Selatan berada di nomor dua. China berhasil sebagai Negara yang sering langganan juara Piala Sudirman sebanyak 11 kali yaitu pada tahun 1995,1997, 1999, 2001, 2007, 2009, 2011, 2013, 2015, dan terakhir 2019.

Sedangkan Korea Selatan berhasil menjuarai Piala Sudirman sebanyak empat kali yaitu pada tahun 1991, 1993, 2003, dan 2017. Dan Indonesia hanya berhasil menjuarai sebanyak satu kali pada tahun 1989.

Tahun ini, Piala Sudirman rencananya dijadwalkan akan berlangsung pada 26 September hingga 3 Oktiber di Vantaa, Finlandia. Awalnya, Kejuaraan Piala Sudirman akan dihelat pada tahun 2020, namun karena wabah pandemi Covid-19 , BWF akhirnya memutuskan untuk memundurkan pertandingan ke tahun 2021.

Pertandingan terakhir Piala Sudirman tahun 2019 di Nanjing, China sekaligus berhasil keluar sebagai juara untuk ke 11 kali usai menumbangkan Jepang di babak final. Dengan penentuan Shi Yuqi melawan Kento Momota dalam tiga set.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)