Menpora Pastikan Pembukaan PON XX Papua Digelar dengan Protap dan Prokes yang Ketat

Sabtu, 25 September 2021 - 17:03 WIB
loading...
Menpora Pastikan Pembukaan PON XX Papua Digelar dengan Protap dan Prokes yang Ketat
Menpora Zainudin Amali mengungkapkan bahwa upacara pembukaan PON XX Papua digelar dengan Prosedur Tetap (protap) dan mengikuti protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan disiplin / Foto: Kemenpora
A A A
Menpora Zainudin Amali mengungkapkan bahwa upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, pada 2 Oktober mendatang, digelar dengan Prosedur Tetap (protap) dan mengikuti protokol kesehatan (prokes) secara ketat dan disiplin mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19. Konsep awal pembukaan hajatan event empat tahunan ini dilakukan seperti saat pembukaan Asian Games 2018 lalu.

Menpora pun memastikan upacara pembukaan PON tetap berjalan hikmat. "Tanpa mengurangi kehikmatan. Upacara pembukaan PON XX tetap meriah tapi tak glamor karena situasi pandemi dan semua protokol tata tertib yang biasa dilakukan dalam setiap pembukaan itu tetap ada," kata Menpora dikutip dari laman resmi Kemenpora, Sabtu (25/9/2021).

Menpora menjelaskan, upacara pembukaan nanti bakal menjalankan prosedur dan ketetapan seperti multievent olahraga lainnya, mulai dari pembacaan janji atlet hingga defile seluruh kontingen. "Penonton PON hanya boleh dihadiri maksimal 25 persen, sudah termasuk atlet, ofisial, dan tenaga pendukung lainnya. Dan untuk masyarakat yang ingin menonton diwajibkan sudah mendapatkan dua dosis vaksin COVID-19,” ungkapnya.

BACA JUGA: Atlet Bantaeng Target Sumbang Emas untuk Sulsel di PON Papua

Upacara pembukaan PON nantinya akan dibuka secara resmi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, saat ini persiapan terus dilakukan oleh Panitia Besar PON dan berkoordinasi dengan KONI, Kemenpora dan unsur-unsur terkait sehingga bisa dipastikan Presiden Jokowi dapat membukanya secara resmi pada malam.

"Pembukaan PON XX Papua yang digelar di Stadion Lukas Enembe 2 Oktober mendatang rencananya bakal dibuka secara langsung oleh Presiden Joko Widodo," beber Menpora.

Agar mudah memantau kondisi pelaksanaan PON XX , Menpora akan berkantor di Papua selama penyelenggaraan PON berlangsung. “Untuk mempermudah koordinasi dan komunikasi dengan PB PON yang ada di sana, saya dan teman-teman akan berkantor dari Papua. Teman-teman yang ada di klaster juga akan bergantian, tapi saya akan ada di sana selama PON berlangsung untuk memastikan supaya semua berjalan lancar. Kita akan berkeliling ke beberapa tempat-tempat pertandingan, baik di Kabupaten dan Kota, Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika,” pungkas Menpora.

BACA JUGA: 5 Atlet Dayung Riau untuk PON Papua 2021 Positif Covid-19

Sekadar informasi, PON XX Papua akan diadakan di empat klaster yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke akan dimulai 2 – 15 Oktober 2021.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2237 seconds (0.1#10.140)