Pemain Sepak Bola Indonesia yang Pernah Meraih Trofi di Eropa

Senin, 27 September 2021 - 07:30 WIB
loading...
Pemain Sepak Bola Indonesia yang Pernah Meraih Trofi di Eropa
Egy Maulana Vikri menjadi pemain sepak bola Indonesia yang merasakan trofi di Eropa. Foto: lechia.pl
A A A
GDANSK - Sebanyak 16 pesepak bola aktif asal Indonesia saat ini merumput di luar negeri— delapan di antaranya bermain di Eropa. Lantas, siapa saja yang pernah mengangkat trofi?

Delapan pemain asal Indonesia yang merumput di Eropa adalah Egy Maulana Vikri (FK Senica), Witan Sulaeman (Lechia Gdansk), Bagus Kahfi (Jong Utrech), Brylian Aldama (HNK Rijeka), Elkan Baggott (Ipswich Town), Kelana Noah Mahessa (Frechen 20), dan Khairul Imam Zakiri (CP Villarrobledo).

Baca Juga: Egy Sumbang 1 Assist, FK Senica Menang Telak

Menurut Transfermarkt, Egy Maulana Vikri menjadi pemain yang pernah mengangkat trofi di Benua Biru. Pemain kelahiran Medan, Juli 2000 pernah merasakan gelar Polish Cup (Piala Polandia) 2018/2019 dan Piala Super Polandia (2019/2020) setelah bermain secara reguler bersama Lechia Gdansk.

Jejak sukses Egy di Eropa tentu saja bisa diikuti pemain asal Indonesia lain. Misalnya Witan Sulaeman yang saat ini merumput bersama Lechia Gdansk. Atau Bagus Kahfi yang bermain bersama Jong Utrech.

Sekadar informasi, pemain asal Indonesia pertama kali bergabung dengan klub Eropa pada tahun 1990-an. Bima Sakti (gelandang), Kurnia Sandy (kiper) dan Kurniawan Dwi Yulianto (striker) sempat merasakan ketatnya atmosfer Primavera yang merupakan ajang buat pemain muda di Italia unjuk gigi.

Di antara ketiga pemain itu, Kurniawan yang terdepan dalam pencapain pengalaman bertanding. Striker asal Magelang pertama kali mendapat kesempatan mengikuti tur Sampdoria di Wilayah Asia.

Kuniawan direkrut berdasarkan prestasinya masuk dalam jajaran top scorer kompetisi Primavera musim 1993-1994. Atas gelar top scorer itu, Kurniawan boleh dibilang sebagai pemain Indonesia yang pernah merasakan trofi individu di Eropa.

(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1905 seconds (0.1#10.140)