Atlet Indonesia yang Sukses Jadi Pebisnis, Berikut Daftarnya

Minggu, 26 September 2021 - 23:58 WIB
loading...
Atlet Indonesia yang Sukses Jadi Pebisnis, Berikut Daftarnya
Atlet Indonesia yang Sukses Jadi Pebisnis, Berikut Daftarnya. Foto: Instagram
A A A
JAKARTA - Tak sedikit atlet Indonesia yang memutuskan terjun ke dunia usaha begitu mereka pensiun. Bahkan, sebelum memasuki masa purnatugas, para atlet sudah mulai merintis bisnis.

Sebagai seorang atlet, nama-nama seperti Susi Susanti, Alan Budi Kusuma, Ade Rai, dan Lindswell Kwok terkenal sebagai sosok yang terjun ke dunia usaha. Berikut daftar atlet/mantan atlet Indonesia yang menekuni dunia bisnis:

1. Alan Budi Kusuma & Susi Susanti
Atlet Indonesia yang Sukses Jadi Pebisnis, Berikut Daftarnya

Siapa tak kenal pasangan emas Alan Budi Kusuma & Susi Susanti? Peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 saat ini tentu saja sudah pensiun. Namun, kontribusi mereka dalam dunia olahraga masih terus terasa dengan kehadiran Astec— jenama olahraga buatan mereka sendiri.

Sebagai apparel olahraga lokal, Astec cukup diperhitungkan karena berhasil mengekspor produknya ke luar negeri. Negara-negara seperti Hongkong, Thailand, Singapura, dan Amerika Serikat merupakan salah satu pasar alias sasaran bisnis pasangan Alan dan Susi.

2. Chris John
Atlet Indonesia yang Sukses Jadi Pebisnis, Berikut Daftarnya

Mantan juara dunia tinju kelas bulu pertama asal Indonesia, Chris John, sudah tak diragukan lagi kemampuannya di atas ring. Di luar itu, lelaki berjuluk The Dragon rupanya memiliki naluri bisnis yang tak kalah hebatnya.

Chris John pernah membuka bisnis warnet di Kudus, Jawa Tengah, sekitar tahun 2008. Lelaki yang saat ini terlibat langsung dalam kepengurusan di KONI Pusat juga menekuni dunia usaha di bidang asuransi bersama sang istri sebagai motivator.

3. Lindswell Kwok & Achmad Hulaefi
Atlet Indonesia yang Sukses Jadi Pebisnis, Berikut Daftarnya

Senada pasangan Alan dan Susi yang namanya berkibar di dunia bulu tangkis, Indonesia juga punya pasangan emas dari cabang wushu yakni Lindswell Kwok dan Achmad Hulaefi. Keduanya kini menekuni bisnis di bidang fashion setelah pensiun dari wushu.

Pasangan yang pernah merebut prestasi tertinggi di kejuaraan dunia wushu saat ini membuka bisnis pakaian bernama Macho Clothing yang dijalankan Hulaefi dan Kianne Official yang dimiliki Lindswell Kwok.

4. Marcus Fernaldi Gideon
Atlet Indonesia yang Sukses Jadi Pebisnis, Berikut Daftarnya

Berbeda dengan atlet di atas yang sudah pensiun, Marcus Fernaldi Gideon masih mentas membawa nama Merah Putih di ajang bulu tangkis. Meski masih aktif di gelanggang, Marcus sudah mempersiapkan masa pensiun dengan membuka bisnis.

Marcus diketahui membangun arena bulu tangkis terintegrasi bernama Gideon Badminton Hall yang bertempat di Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat. Badminton Hall tersebut mempunyai empat lapangan VIP dan enam lapangan reguler. Marcus pun merambah bisnisnya pula dengan mendirikan Gideon Badminton Academy.

5. Ade Rai
Atlet Indonesia yang Sukses Jadi Pebisnis, Berikut Daftarnya

Pemilik nama lengkap Gusti Agung Kusuma Yudha Rai menekuni banyak usaha setelah pensiun dari dunia binaraga. Selain membintangi sejumlah iklan dan program televisi, Ade Rai juga menjual produk suplemen, membuka gym, serta mendirikan institusi program pelatihan sertifikasi untuk para professional di bidang fitness.

Pada tahun 2006, Ade Rai mendirikan Rai Institute yang fokus pada kurikulum pola makanan sehat, dan personal trainer untuk meningkatkan kompetensi para profesional yang menjadi peserta didiknya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2055 seconds (0.1#10.140)