Soal Rasisme, Rashford: Masyarakat Semakin Mudah Terpecah Belah

Senin, 01 Juni 2020 - 22:26 WIB
loading...
Soal Rasisme, Rashford: Masyarakat Semakin Mudah Terpecah Belah
Marcus Rashford saat bermain bersama Manchester United. Foto: Telegraph
A A A
MANCHESTER - Penyerang Manchester United , Marcus Rashford, mengaku prihatin dengan kerusuhan yang terjadi di AS akibat kematian pria kulit hitam tak bersenjata bernama George Floyd. Menurut Rashford, masyarakat dunia sekarang lebih mudah terpecah belah.

Floyd meninggal pekan lalu setelah seorang polisi berkulit putih menyergapnya dengan menekan lehernya menggunakan lutut. Kalimat terakhir Floyd ‘saya tidak bisa bernapas’ viral di media sosial, dan digunakan pada spanduk-spanduk protes sampai hari ini. (Baca juga: Lima Bek Paling Sering Bunuh Diri di Liga Inggris )

Rashford yang cukup sering terlibat kampanye anti-rasisme di luar lapangan, mengutuk aksi tersebut. Ia juga menyayangkan kerusuhan yang terjadi akibat isu rasisme di AS. Menurutnya, masyarakat dunia saat ini seperti rumput yang kering dan mudah terbakar.

“Pada suatu waktu saya telah meminta orang untuk berkumpul, bekerja sama, dan bersatu. Kami sekarang lebih mudah terpecah belah dari sebelumnya,” kata Rashford dikutip Telegraph, Senin (1/6/2020).

Pemain 22 tahun berkebangsaan Inggris itu juga mengutuk segala bentuk diskriminasi yang masih terjadi di dunia. Menurut Rashford, Tuhan menciptakan manusia dengan berbagai warna kulit bukan agar saling mengejek, tetapi saling melengkapi.

“Hitam itu penting. Budaya hitam penting. Komunitas orang kulit hitam juga penting. Kami penting.” kata Rashford.

Hingga kini dukungan terhadap dunia anti-rasisme terus berdatangan dari pesepak bola dan olahragawan lain. Rekan satu tim Rashford di Inggris, Jadon Sancho bahkan mendedikasikan golnya bersama Borussia Dortmund untuk George Floyd. (Baca juga: Bandelnya Moise Kean Beda dengan Balotelli )
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)