5 Fakta Menarik Kegagalan Italia di UEFA Nations League 2021

Kamis, 07 Oktober 2021 - 06:26 WIB
loading...
5 Fakta Menarik Kegagalan Italia di UEFA Nations League 2021
5 Fakta Menarik Kegagalan Italia di UEFA Nations League 2021. Foto: Twitter/@Azzurri_En
A A A
MILAN - Timnas Italia gagal ke final UEFA Nations League 2021 (Liga Bangsa-Bangsa Eropa) setelah takluk di tangan Spanyol dengan skor tipis 1-2. Hasil buruk ini mencoreng rekor Italia sebagai tuan rumah.

Menjamu Spanyol di Stadion San Siro, Milan, Kamis (7/10/2021) dini hari waktu Indonesia, Timnas Italia sebetulnya lebih dijagokan menang. Selain berperan sebagai tuan rumah, skuat asuhan Roberto Mancini juga menyandang predikat juara Piala Eropa 2020.



Kendati begitu, angin pertandingan terasa berpihak pada Spanyol sejak babak pertama. Tim Matador berhasil dua kali merobek gawang Italia melalui aksi winger muda Manchester City, Ferran Torres, di menit ke-17 dan 45.

Italia semakin kesulitan mengejar defisit gol di sisa laga, karena harus bermain dengan 10 orang menyusul kartu kuning Leonardo Bonucci. Bek Juventus itu diusir wasit lewat kartu kuning kedua akibat menyikut Sergio Busquets jelang turun minum.

Di babak kedua, upaya Italia untuk merespons dua kebobolan itu akhirnya berbuah hasil di menit ke-83. Lorenzo Pellegrini sukses memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 setelah memaksimalkan umpan Federico Chiesa.

Sayang, tidak ada gol tambahan di sisa laga. Spanyol berhak lolos ke final berkat kemenangan 2-1. Sedangkan Italia harus memupus ambisi mereka mengawinkan gelar Piala Eropa 2020 dengan trofi UEFA Nations League 2021.

Berikut 5 fakta menarik kegagalan Italia di UEFA Nations League 2021:

1. Leonardo Bonucci diganjar kartu merah saat melakoni pertandingan ke-122 bersama Timnas Italia. Padahal, Bonucci baru saja menyentuh rekor Dino Zoff sebagai satu dari tujuh pemain Italia dengan caps timnas terbanyak sepanjang masa.

2. Italia kebobolan lebih dari satu gol dalam satu pertandingan untuk kali pertama sejak tiga tahun terakhir. Skuat asuhan Roberto Mancini sebelumnya kebobolan lebih dari satu gol ketika kalah di tangan Prancis, 1-3 di laga persahabatan 2 Juni 2018.

3. Italia mengakhiri rekor tak terkalahkan yang berhasil dirajut selama 37 pertandingan terakhir. Namun, saat ini Italia masih tercatat sebagai pemegang rekor tak terkalahkan dalam sejarah timnas mana pun.

4. Untuk kali pertama sejak 1998, Timnas Spanyol berhasil menyarangkan dua gol ke gawang Gli Azzurri di stadion Italia. Terakhir kali terjadi saat kedua tim bermain imbang 2-2 di laga uji coba, November 1998.

5. Italia baru sekali menang dalam 10 pertemuan terakhir melawan Spanyol di semua kompetisi. Saat ini rekor Italia di hadapan Spanyol menjadi 4 kali kalah dan 5 kali imbang.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1991 seconds (0.1#10.140)