Adaptasi cuaca, timnas U-17 berangkat dini

Selasa, 24 Januari 2012 - 18:23 WIB
Adaptasi cuaca, timnas U-17 berangkat dini
Adaptasi cuaca, timnas U-17 berangkat dini
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 18 pemain tim nasional (timnas) U-17 akhirnya diberangkatkan ke Hongkong. Tim besutan Indra Syafri itu akan menjalani HKFA International Youth Football Invitation Tournament 2012 pada 27-29 Januari.

Keberangkatan lebih cepat itu dilakukan untuk mematangkan tim. Sekaligus mengantisipasi cuaca di Hongkong. Adapun 18 pemain yang dibawa ke Hongkong, diambil dari proses penyeleksian 25 pemain.

Selama turnamen, I Wayan Eka Nanda Wardana dkk, akan berhadapan dengan tim U-17 Malaysia, Singapura, dan Hong Kong sebagai tuan rumah.

''Saya belum tahu seperti apa kekuatan lawan. Tapi saya memberi pesan kepada mereka bermainlah dengan sebaik mungkin. Ini adalah program awal kami, dan akan mengukur kemampuan seluruh pemain. Memang hasil ini belum pemain terbaik, karena waktu seleksi yang sangat singkat," ungkap Ketua Umum (ketum) PSSI Djohar Arifin Husin, Selasa (24/1/2012).

Fokus pada pembinaan talenta-talenta usia muda memang jadi target utama PSSI saat ini. PSSI menurut Djohar Arifin tengah berusaha mencari even-even bagi timnas U-17, U-19, U-21, U-23, dan Senior. Usaha-usaha uji coba tersebut rencananya akan diusahakan berujicoba di beberapa negara Asia Tenggara.

''Kami akan terus mencari turnamen-turnamen lagi untuk timnas U-17, U-19, U-21, U-23, dan senior. Mungkin di Asia, apa mungkin di Myanmar dan Laos. Kami akan mencari turnamen-turnamen yang layak. Itu kami butuhkan untuk menambah jam terbang, karena sebelumnya timnas kurang melakukan pertandingan di luar. Jadi ketika menghadapi lawan kadang kewalahan," papar Djohar Arifin.

Keyakinan bisa berbuat maksimal disampaikan, Indra. Pelatih yang juga sempat menukangi timnas U-16 ini berharap, tim asuhannya tersebut bisa menerapkan model-model latihan yang selama ini sudah diterapkan. Keyakinan itu pun terlihat, setelah menjalani beberapa laga uji coba sebelum terbang ke Hongkong.

Timnas U-17 sendiri sudah menjalani tiga laga persahabatan sebelum berangkat ke Hongkong. Namun sayang, dari tiga laga uji coba yang telah dilalui, timnas U-17 kalah dua kali. Yakni dihajar Diklat PPLP Ragunan 0-2, dan dilumat timnas U-21 dengan skor 0-3. Sedangkan satu-satunya kemenangan yang berhasil diraih timnas U-17 adalah menundukan Universitas Negeri Jakarta (UNJ), 4-2.

''Target setiap menjalani pertandingan tentu untuk bisa berprestasi. Tapi memang harus lebih realistis, jadi tidak harus membebani anak-anak. Kami juga menilai, jika kekuatan Malaysia dan Singapura memiliki kemampuan yang cukup merata. Tapi untuk seperti apa kekuatan Hongkong, kami belum bisa mengetahuinya seperti apa," terang Indra.
decky irawan jasri

18 Pemain Timnas U-17 :
1. Amirul Mukminin Hariansyah
2. Eriyanto
3. Helmi Madila Ihza
4. Makarius Suruan
5. Iner Sontany Putra
6. Nanang Setyo Budi
7. Putu Gede Juni Antara
8. Fiwi Dwipan
9. Gillang Isya Rossa
10. Indra Kelana Nasution
11. Samsul Muhidin Pelu
12. Ravi Murdianto
13. Rully Desrian
14. Cakti Restuandanu
15. Evan Dimas Darmono
16. I Wayan Eka Nanda Wardana;
17. Muhammad Hargianto
18. Sabeq Fahmi
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5617 seconds (0.1#10.140)