Cara Menpora Amali Bangkitkan Roda Perekonomian Melalui PON XX Papua 2021

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 22:47 WIB
loading...
Cara Menpora Amali Bangkitkan Roda Perekonomian Melalui PON XX Papua 2021
Berstatus sebagai menteri tidak membuat seorang Zainudin Amali harus dilayani terus menerus, seperti halnya dalam urusan makan / Kemenpora
A A A
JAYAPURA - Berstatus sebagai menteri tidak membuat seorang Zainudin Amali harus dilayani terus menerus, seperti halnya dalam urusan makan. Pada kunjungan kerjanya diperhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021, Sabtu (9/10/2021), perangkat kementerian yang melekat dibuat panik, ketika mobil yang ditumpangi Menpora tiba-tiba berhenti di depan warung makan yang sederhana.

Ketika masuk ke rumah makan Cantika yang menggunakan konsep prasmanan itu, Menpora Amali langsung mengambil makanan yang akan disantapnya. Selain Nasi putih, potongan ikan bakar dan sayur terong memadati piring yang dipegangnya.

Ya, melalui perhelatan PON Papua ini membuat roda perekonomian berputar, baik untuk usaha kecil, menengah maupun besar, sehingga apa yang dilakukan oleh Menpora Amali ini tentu memicu sektor usaha kecil dan menengah terus tumbuh.

BACA JUGA: Daftar Perolehan Medali PON XX Papua 2021, Sabtu (9/10/2021) hingga Pukul 22.00 WIB: Jatim-DKI Berebut Posisi Dua

"Melalui ajang PON di Papua ini, saya ingin ekonomi di sini tumbuh dengan pesat, baik yang ekonomi kecil, menengah dan besar, sehingga ada warisan dari ajang ini. Dan saya yakin betul, kedepannya kesejahteraan masyarakat Papua akan lebih terangkat lagi, setelah memiliki banyak venue-venue yang bertaraf internasional berdiri di sini," ucap Menpora Amali usai menyantap makanan di rumah makan sederhana yang terletak di jalan Pasifik Permai Dok 2 itu.

"Dengan hadirnya venue-venue bertaraf internasional disini, tentu kedepannya akan digulirkan event internasional. Indonesia, di Papua ini yang akan menjadi tuan rumahnya, sehingga roda perekonomian akan terus berputar di Bumi Cendrawasih ini," pungkasnya.

Setelah menyantap makanan, Menpora Amali pun bergegas ke Pasar Mama-Mama Papua. Menpora pun ikut lelang untuk membeli kopi asli Papua.

BACA JUGA: Tim Basket Putra DKI Jakarta Sabet Emas PON XX Papua 2021

Dalam kunjungan tersebut Menpora Amali bersama Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Papua, Naek Tigor Sinaga, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi UKM, dan Tenaga Kerja (Perindagkop) Provinsi Papua Omah Laduani Ladamay dan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Chandra Bhakti.

Di pasar mama-mama tersebut, terpajang beberapa produk-produk asli Papua yang di kemas secara modern. Produk-produk tersebut di lelang dihadapan Menpora Amali dan pejabat Pemda Papua.

Kopi Arabica dan kopi Tiom asli buatan anak Papua berhasil dibeli Menpora Amali dalam lelang tersebut seharga 1.6 juta rupiah. "Dengan adanya acara seperti ini saya kira hal ini menunjukan penyelenggraan PON ini benar-benar membawa dampak ekonomi terhadap Jayapura dan Papua pada umum," ucapnya.

"Hal ini seperti apa yang sudah kita canangkan bahwa PON harus sukses prestasi, sukses penyelenggaraan, sukses administrasi dan sukses ekonomi masyarakat. Dan hari ini kita sudah bisa lihat hasilnya. Dan ini bukti nyata," tambahnya.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)