Sambil Berlutut, Pemain Chelsea Kirim Simpati pada George Floyd

Selasa, 02 Juni 2020 - 21:00 WIB
loading...
Sambil Berlutut, Pemain Chelsea Kirim Simpati pada George Floyd
Pemain Chelsea berlutut sambil membentuk huruf H sebagai aksi dukungan perang terhadap rasisme terkait kematian George Floyd. Foto : Chelsea
A A A
LONDON - Berpose sambil berlutut, para pemain Chelsea mengirimkan pesan simpati pada mendiang Geoge Floyd . Aksi penggawa The Blues ini pun sekaligus pesan anti-rasisme dan mendukung gerakan Black Lives Matter.

Dikutip laman resmi klub, Selasa (2/6/2020), tampak masing-masing pemain berlutut dan berbaris membentuk huruf H. Huruf H tersebut merupakan huruf pertama Human yang berarti Manusia.

Kapten Cesar Azpilicueta adalah salah satu dari sekelompok pemain Blues yang memposting pesan yang sama di media sosial: "Cukup sudah. Kita semua MANUSIA. Bersama-sama kita lebih kuat."

Reaksi para pemain sepak bola mengikuti protes dan kerusuhan di seluruh Amerika Serikat setelah kematian George Floyd di Minneapolis. Floyd, seorang pria Afrika-Amerika, tewas dalam tahanan polisi pekan lalu setelah seorang petugas berlutut di leher ketika dia berbaring di tanah telah memicu kemarahan di seluruh dunia.

Demonstrasi telah terjadi di seluruh dunia dan juga di AS. Para pegiat kemanusian pun menuntut bahwa kematian Floyd harus menjadi titik balik dalam perjuangan panjang melawan rasisme dan kebrutalan polisi.

Fikayo Tomori, Ruben Loftus-Cheek, Antonio Rudiger, Billy Gilmour, Mason Mount dan Kepa Arrizabalaga adalah di antara bintang-bintang Chelsea yang memasang pesan tersebut di Twitter, di samping foto para pemain yang berlutut.

Sebelum Chelsea, Liverpool telah lebih dulu memberikan penghormatan pada mendiang George Floyd. Sambil berlutut semua pemain mengeliling lingkaran tengah Stadion Anfield. Selebritas olah raga dunia seprti Michael Jordan, Serena Williams, LeBron James dan Tiger Woods juga telah melancarkan gerakan anti-rasisme
(bbk)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1510 seconds (0.1#10.140)