Eksperimen Inggris Gagal Lawan Hungaria, Begini Pembelaan Gareth Southgate

Rabu, 13 Oktober 2021 - 08:30 WIB
loading...
Eksperimen Inggris Gagal Lawan Hungaria, Begini Pembelaan Gareth Southgate
Timnas Inggris gagal mendulang poin sempurna saat menjamu Hungaria/Foto/Twitter
A A A
LONDON - Timnas Inggris gagal mendulang poin sempurna saat menjamu Hungaria pada lanjutan Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa, Rabu (13/10/2021) dini hari WIB. Eksperimen yang gagal memaksa Inggris ditahan 1-1.

Pelatih Inggris Gareth Southgate melakukan eksperimen strategi lagi dalam laga yang berlangsung di Stadion Wembley. Southgate kembali memainkan formasi 4-3-3 seperti saat menang 5-0 atas Andorra akhir pekan lalu.



Southgate hanya menurunkan Declan Rice sebagai satu-satunya gelandang bertahan yang biasanya berduet dengan Kalvin Phillips dalam formasi 3-4-3 yang sukses membawa mereka ke final Piala Eropa 2020.

Sebagai gantinya, pelatih kelahiran Watford itu menduetkan Phil Foden dan Mason Mount sebagai gelandang serang. Lalu, di lini depan Harry Kane disokong oleh Jack Grealish dan Raheem Sterling.



Akan tetapi, eksperimen formasinya itu kali ini gagal. Three Lions –julukan Inggris- yang diharapkan bisa bermain lebih menyerang dan mencetak banyak gol, hanya menciptakan satu gol dan meraih hasil imbang.

Oleh karena itu, Southgate pun mengaku kecewa. Menurutnya, seharusnya dia lebih bijak lagi untuk melakukan eksperimen formasi dan tidak melihatnya dari satu pertandingan saja saat menang melawan Andorra.

“Kami akan pergi dan merenungkan permainan. Kami seharusnya tidak hanya menilai sesuatu pada satu pertandingan, dalam hal eksperimen semacam itu,” kata Southgate dilansir dari Express, Rabu (13/10/2021).

“Tepat di seluruh lapangan permainan kami tidak tajam karena kami sering kehilangan bola. Kami berada di bawah (standar) kali ini tetapi kami harus tetap bangkit,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Southgate pun tak mau menyalahkan penampilan buruk Raheem Sterling dan Harry Kane di lini depan. Dia berpendapat bahwa semua pemainnya tidak bermain dengan maksimal dan menyebabkan kegagalan untuk meraih tiga poin.

“Saya tidak berpikir kita harus melihat terlalu banyak pada individu. Saya pikir secara kolektif kami tidak tampil di level yang kami butuhkan,” pungkas pelatih berusia 51 tahun itu.

Dengan hasil tersebut, Inggris masih bercokol di puncak klasemen sementara Grup I dengan 20 poin. Sementara Hungaria, baru mengoleksi 11 poin dan duduk di peringkat empat.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1217 seconds (0.1#10.140)