Komjen Paulus Waterpauw Sebut PON XX Angkat Harkat dan Martabat Masyarakat Papua

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 20:18 WIB
Komjen Paulus Waterpauw Sebut PON XX Angkat Harkat dan Martabat Masyarakat Papua
Kabaintelkam Polri yang juga tokoh Papua, Komisaris Jenderal Paulus Waterpauw (kiri) bersama Menpora Zainudin Amali. Foto: Kemenpora
A A A
JAKARTA - Tokoh Papua yang kini menjabat Kabaintelkam Polri, Komisaris Jenderal Paulus Waterpauw, menyebut PON XX Papua 2021 memberi banyak arti untuk masyarakat setempat. Salah satunya meningkatkan harkat dan martabat masyarakat Papua.

Paulus Waterpauw berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo , Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali dan TNI-Polri serta Pemerintah Provinsi Papua serta Pemerintah Kabupaten Kota setempat yang telah bekerja sama sehingga PON XX Papua 2021 berjalan dengan lancar. PON XX Papua 2021 resmi ditutup hari ini, Jumat (15/10/2021).

"Selaku tokoh yang ada di Papua saya pikir harus memberikan sebuah penghargaan dan apresiasi yang besar kepada mulai dari Pak Presiden, pak Menpora dan para menteri yang lain, bapak Panglima, Kapolri, dan juga di tingkat provinsi gubernur, ada bapak bupati dan walikota. Saya pikir itu kerja bareng luar biasa. Semangatya tumbuh dengan membara," kata Paulus Waterpauw saat menjadi narasumber bernada Menpora Amali dalam dialog bertajuk Nasib Venue Setelah PON Papua, Jumat (15/10/2021).

Baca Juga: Wapres Merinci 3 Poin Krusial dalam Kesuksesan PON XX Papua 2021



Menurut Paulus, sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sudah sewajarnya Papua merasakan hal yang sama seperti provinsi lain di Indonesia termasuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional. Dan, masyarakat Papua telah membuktikan bisa menjadi penyelenggara kegiatan dengan aman dan lancar.

"Banyak keraguan tentang kemanan, ketentraman, apakah bisa terselenggara kegiatan ini, faktanya bisa, faktanya aman. Kegiatan PON terselenggara dengan sukses," ungkapnya.

Dengan kesuksesan kegiatan ini, menurutnya sekaligus mengangkat harkat dan martabat Papua, bahwa Papua sama dengan dengan masyarakat Indonesia lainnya.

"Saya pikir ini menunjukan bagaiamana martabatnya bangsa Papua, orang Papua muncul di sini. Selama ini kan banyak orang yang meragukan, tapi hari ini dengan PON martabat kami naik, artinya kami sama dengan saudara- saudara yang lain," tukasnya.

Paulus yang juga merupakan mantan atlet mengungkapkan bahwa Papua selama ini memiliki keunggulan dalam prestasi olahraga di berbagai cabang olahraga seprti Atletik, Tinju, Dayung dan Sepak bola. Dengan demikian, dia berharap dengan adanya venue-venue pasca PON ini, pembinaan atlet Papua dapat melahirkan atlet prestasi bertaraf internasional.
(sto)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2439 seconds (11.252#12.26)