Arema FC Pertahankan Status AFC Club Licensing untuk Tahun 2021

Rabu, 20 Oktober 2021 - 23:05 WIB
loading...
Arema FC Pertahankan Status AFC Club Licensing untuk Tahun 2021
Arema FC berhasil lolos verifikasi AFC Club Licensing 2021 dan mempertahankan status klinik profesional. Verifikasi AFC Club Licensing 2021 dinilai dengan lima aspek. Foto: LIB
A A A
MALANG - Arema FC berhasil lolos verifikasi AFC Club Licensing 2021 dan mempertahankan status klinik profesional. Verifikasi AFC Club Licensing 2021 dinilai dengan lima aspek yang menjadi indikator utama klub profesional.



Torehan ini menjadikan Singo Edan sebagai tim yang memenuhi standar AFC usai lolos AFC Club Licensing hingga lima kali beruntun. Tercatat klub Liga 1 itu lolos verifikasi sejak 2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021.

Keputusan pemberian lisensi ini dilakukan oleh Club Licensing Committee (CLC) yang memiliki kewenangan untuk membuat keputusan pemberian lisensi berdasarkan pasal 3 PSSI club licensing regulation.

CLC juga sudah melakukan verifikasi faktual terkait 5 aspek klub, yakni sporting, infrastructure, personnel and administrative, legal dan aspek finansial. Klub juga sudah mengirimkan dokumen yang melalui AFC Club Licensing Administration System (AFC CLAS).

Berdasarkan surat Keputusan (CLC) bernomor 001/clc-pssi/x/2021 yang diterima oleh manajemen Arema FC, memutuskan bahwa diterimanya permohonan Lisensi Klub Profesional AFC dari klub Arema FC dan memberikan Lisensi Klub Profesional AFC kepada klub Arema FC.

Usai mendapatkan lisensi klub profesional, CLC juga memberikan Lisensi Klub Profesional National kepada Arema FC. Selanjutnya, masih dalam surat tersebut memerintahkan kepada CLD (Club Licensing Department) untuk memberikan salinan keputusan ini ini kepada komite eksekutif PSSI untuk dipastikan pelaksanaanya.

Media Officer Arema FC Sudarmaji menyatakan, manajemen Arema FC mengaku sangat bersyukur atas keputusan bahwa Arema FC kembali dinyatakan lolos club licensing. Tahun ini adalah tahun kedua di masa pandemi bahwa Arema FC harus berjuang untuk mendapatkan club licensing.

“Kalau di 2020 lalu adalah fase tersulit untuk bertahan, kini di 2021 klub harus berjuang untuk bangkit dan berproses ditengah kompetisi karena masih berada dalam situasi pandemi. Proses pelaporan kondisi klub adalah sebuah rutinitas tahunan yang harus disampaikan kepada AFC," kata Sudarmaji.

Dijelaskan Sudarmaji, Club Licensing sendiri tidak didapatkan dengan mudah oleh Arema FC. Di fase 2021, tim Club Licensing harus bekerja keras dalam kurun waktu enam bulan lebih, terhitung sejak Maret 2021 mempersiapkan kebutuhan yang menjadi persyaratan wajib.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1686 seconds (0.1#10.140)