Kemenpora Buka Pekan Olahraga Tradisional di Kabupaten Belitung

Jum'at, 22 Oktober 2021 - 16:27 WIB
Kemenpora Buka Pekan Olahraga Tradisional di Kabupaten Belitung
Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta saat pembukaan Potradnas 2021 di Belitung, Jumat (22/10/2021) Foto: Istimewa
A A A
BELITUNG - Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (Potradnas) VIII Tahun 2021 hari ini resmi dibuka. Pembukaan Potradnas ditandai dengan pemukulan lesung oleh jajaran pemerintah daerah dan Kemenpora .

Kegiatan berlangsung di Pantai Wisata Tanjung Pendam Kabupaten Belitung, Jumat (22/10/2021). Adapun tema yang diusung pada Potradnas 2021 adalah: Lestarikan Olahraga Tradisional untuk Indonesia Sehat dan Bugar.

Baca Juga: Jelang Timnas Indonesia U-23 vs Nepal: Shin Tae-yong Siapkan Rotasi Pemain

Acara pembukaan dimulai dengan parade devile atlet yang bertanding. Jumlah peserta yaitu 374 orang dari 21 kontingen yang terdiri dari 18 provinsi dan 3 kabupaten/kota.



Potradnas 2021 akan dilaksanakan hingga 24 Oktober mendatang dengan mempertandingkan 5 cabang olahraga tradisional yaitu egrang, ketapel, lari balok, panahan, dan sumpitan di Stadion Pangkal Lalang.

Sekda Belitung Hendra Caya dalam laporan pelaksanaan kegiatan menyampaikan bahwa tropi dan medali akan diberikan untuk kontingen peringkat 1-4 pada masing-masing cabang olahraga yang dipertandingkan. Dan untuk juara umum diberikan 1 tropi juara umum.

Bupati Belitung, Sahani Soleh, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga Negeri Laskar Pelangi karena dipercaya menjadi tuan rumah Potradnas di masa pandemi Covid-19 .

"Ini untuk membangkitkan kembali kunjungan wisatawan ke Belitung", ucapnya. "Olahraga Tradisional mengandung nilai filosofis, hak cipta nenek moyang kita yang harus kita lestarikan", tambahnya.

Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah menyampaikan terima kasihnya kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga karena telah melirik dan memberikan kesempatan kepada Kabupaten Belitung untuk melaksanakan Potradnas VIII Tahun 2021.

"Saat ini olahraga tradisional tergeser dan mulai tergerus oleh olahraga terbarukan. Keberadaan kita di sini saat ini adalah untuk melestarikan olahraga tradisional tersebut", ucapnya.

Potradnas harus membawa kegembiraan. Karena bergembira adalah bagian dari pembudayaan olahraga.

"Mari kita canangkan pada momentum ini semboyan 3-B untuk melawan Covid-19, yaitu Bergerak-Bergembira-Berjemur", ucap Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta dalam sambutannya. Beliau juga mengajak masyarakat Belitung untuk melestarikan olahraga tradisional dalam kehidupan sehari-hari. "Kalau bukan kita, siapa lagi?", tutupnya.
(sto)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2413 seconds (11.97#12.26)