PBSI Pastikan Bali Aman Gelar Tiga Turnamen Bulu Tangkis Dunia 2021

Jum'at, 29 Oktober 2021 - 16:44 WIB
loading...
PBSI Pastikan Bali Aman Gelar Tiga Turnamen Bulu Tangkis Dunia 2021
Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna, pun memastikan bahwa Pulau Dewata telah aman dari segi kesehatan / Foto: PBSI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna , pun memastikan bahwa Pulau Dewata telah aman dari segi kesehatan. Pernyataan ini menyusul penunjukan Bali sebagai tuan rumah tiga turnamen bulu tangkis dunia tahun ini, yakni Indonesia Masters 2021, Indonesia Open 2021 dan BWF World Tour Finals 2021.

Ketiga turnamen itu akan dimulai pada pertengahan November hingga awal Desember mendatang. Namun, karena situasi pandemi Covid-19 maka ketiga ajang tersebut dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Protokol kesehatan yang diterapkan termasuk pada sistem bubble yang akan membuat akses keluar masuk atlet dari venue di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, sangat terbatas. Mereka pun wajib menjalani karantina selama lima hari setibanya di Pulau Dewata dan harus menjalani serangkaian tes PCR yang telah dijadwalkan.

BACA JUGA: Ribuan Pebulu Tangkis Ramaikan Turnamen Berskala Nasional

Kemudian, ajang tersebut juga digelar tanpa penonton dan jumlah dari panitia, tim ofisial dan juga media yang meliput langsung di venue dibatasi. Hal itu dilakukan guna mencegah penularan virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

Di tambah lagi, para atlet luar negeri wajib menunjukkan bukti bahwa mereka telah divaksin untuk bisa masuk ke Indonesia dan membawa hasil negatif tes PCR yang dilakukan 72 jam sebelum berangkat. Tak ketinggalan, mereka juga wajib memasang aplikasi Peduli Lindungi di perangkat telepon mereka.

Dengan sejumlah alasan tersebut di atas, maka Agung memastikan bahwa dari segi kesehatan Bali telah aman untuk menggelar tiga turnamen tersebut. Selain itu, kondisi masyarakat Pulau Dewata juga sangat mendukung. Ini dibuktikan dengan tingkat vaksinasi yang telah mencapai 80 persen lebih.

BACA JUGA: Baru Beli Apartemen Mewah Alasan Ronald Koeman Belum Pindah dari Kota Barcelona

“Saya menekankan dari segi kesehatan bahwa seluruh area di Bali telah dipastikan aman. Protokol kesehatan telah diterapkan dengan sangat ketat di Bali yang didukung oleh semua masyarakat Bali. Tingkat vaksinasi juga telah mencapai lebih dari 80%,” kata Agung dalam konferensi pers virtual, Jumat (29/10/2021).

Lebih lanjut, Agung mengajak para atlet asing untuk bersemangat mengikuti ketiga ajang tersebut. Dia mengatakan bahwa Indonesia, khususnya Bali memiliki wisata alam, seni dan budaya yang sangat kaya dan indah yang patut untuk dilihat langsung.

“Saya ingatkan kembali bahwa wisata alam, seni dan budaya di Bali adalah salah satu yang terindah di planet ini. Jadi datang dan lihatlah keindahan Bali, keindahan Indonesia,” pungkas pria berusia 49 tahun itu.



Sekadar informasi, turnamen pertama yang akan digelar di Bali nanti adalah Indonesia Masters 2021 yakni pada 16-21 November dan diikuti oleh Indonesia Open 2021 pada 23-28 November mendatang. Terakhir, BWF World Tour Finals 2021 akan menutup tiga kejuaraan dunia bulutangkis di Pulau Dewata pada 1-5 Desember 2021.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3034 seconds (0.1#10.140)