Liga Inggris Resmi Gunakan Format Lima Pergantian Pemain

Kamis, 04 Juni 2020 - 21:42 WIB
loading...
Liga Inggris Resmi Gunakan Format Lima Pergantian Pemain
Liga Inggris menerapkan format lima pergantian pemain untuk sisa musim 2019/2020. Foto: Dok SINDOnews
A A A
LONDON - Biasanya masing-masing tim sepak bola hanya diperbolehkan membuat tiga pergantian pemain dalam satu pertandingan. Namun, Liga Inggris mengubah format menjadi lima pergantian pemain untuk sisa musim 2019/2020.

Keputusan tersebut diambil di tengah kekhawatiran pemain mengalami cedera karena masalah kebugaran. Sebab mereka absen bertanding selama tiga bulan akibat wabah virus corona. Nah, dengan lima pergantian itu klub jadi punya opsi lebih variatif untuk membangku-cadangkan pemain yang tak bugar. (Baca Juga: FIFA Modifikasi Law of The Game )

Selain jumlah pergantian pemain, amandemen peraturan di tengah musim ini juga melibatkan jumlah pemain di bangku cadangan. Jika sebelumnya pemain yang boleh didaftarkan sebagai pengganti berjumlah tujuh orang, kini setiap klub boleh memboyong sembilan pemain ke bangku cadangan.

"Para Pemangku Kepentingan di Premier League menyetujui perubahan sementara ke peraturan terkait pergantian pemain. Untuk sisa musim 2019-2020, jumlah pergantian pemain dalams atu laga akan ditingkatkan dari tiga ke lima," tutur pernyataan tersebut.

Perubahan sementara Law of The Game ini dirancang bersama International Football Association Board dan FIFA untuk meminimalisasi risiko yang ditimbulkan akibat situasi abnormal seperti sekarang. Harapannya, situasi semakin membaik ketika liga mulai bergulir.

Liga Inggris sendiri dijadwalkan kembali bergulir pada 17 Juni 2020 mendatang. Pertandingan Arsenal kontra Manchester United kemungkinan besar bakal jadi partai pembuka kembalinya kompetisi sepak bola paling panas tersebut. (Baca juga: Liga Inggris Kembali Bergulir 17 Juni 202 0)
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0950 seconds (0.1#10.140)