Hasil Tes Kesehatan La Liga, Personel Barca Pernah Terpapar Corona

Jum'at, 05 Juni 2020 - 12:29 WIB
loading...
Hasil Tes Kesehatan La Liga, Personel Barca Pernah Terpapar Corona
Foto/Reuters
A A A
BARCELONA - Kabar yang beredar terkait anggota skuadnya pernah dinyatakan positif Covid-19 tidak membuat Barcelona risau. Tim berjuluk Blaugrana tersebut lebih mengedepankan informasi valid dari La Liga. Informasi itu beredar di media-media.

Menurut informasi, ada lima pemain Barca dan dua anggota staf pelatih dinyatakan positif membawa Covid-19. Tujuh kasus tersebut dikatakan telah terdeteksi dalam tes yang dilakukan kepada pemain dan staf sebelum pasukan Quique Setien kembali berlatih di markas Barca Sant Joan Despi, Mei lalu.

Dalam tes itu menunjukkan ada individu yang terkena dampak tapi tanpa gejala apa pun. Namun, Barca mengatakan mereka tidak diberi tahu La Liga yang bertanggung jawab atas pengelolaan informasi yang berkaitan dengan tes dan akan melaporkan setiap kasus positif. (Baca: Selebrasi Marcus Thuram dan Sikap Anti-Rasis)

Barca mengatakan tes tidak dilakukan dokter klub, tapi La Liga mengirim staf medis yang mengumpulkan sampel dan mengirimnya untuk dianalisis. Hasilnya kemudian dikirim langsung ke Presiden La Liga Javier Tebas, yang ternyata tidak menganggap informasi itu cukup penting untuk diteruskan.

Barca bahkan diberi tahu La Liga skuad mereka aman dari Covid-19. Asumsi di internal klub bahwa setelah melihat orang-orang telah pulih dari virus dan dalam kondisi fisik yang baik. Karena itu, Barca tetap santai tentang situasi ini. Karena, semua orang di skuad sekarang negatif dan Setien memiliki seluruh skuadnya tersedia dimulainya kembali Primera Liga.

Blaugrana, yang memimpin klasemen sementara dengan 58 poin, dijadwalkan melawan Real Mallorca pada 13 Juni. Namun, tim medis klub terus memantau situasi dengan cermat. Pasalnya, kembalinya seorang pemain ke kebugaran penuh tetap berisiko terhadap Covid-19.

Meski aman dari Covid-19, Barca bukan tanpa masalah. Sang kapten Lionel Messi menderita cedera di kaki kanan, Selasa (2/6), dan menjalani pemindaian MRI untuk menentukan penyebabnya. TV3 melaporkan bahwa Messi mungkin menderita microtear, yang akan membuatnya istirahat hingga Barca melawan Mallorca di Son Moix, karena periode pemulihan dari cedera seperti itu biasanya sekitar 10 hari.

Messi absen dari sesi latihan, Rabu (3/6). Tim medis kini harus bergerak cepat untuk memastikan Messi fit dan siap kembali tampil memperkuat Barca. Guna memulihkan fisiknya, bintang Argentina itu akan bekerja di gym dengan pengawasan staf pelatih dan fisioterapis.

Messi belum beruntung karena cedera musim ini. Tepat di awal musim ini, dia mengalami cedera di tempat latihan yang memaksanya untuk pertandingan pembuka. Kekambuhan dari cedera yang sama membuatnya absen selama hampir dua bulan. (Baca juga: Barcelona Tepis Kekhawatiran Soal Kondisi Messi)

Kendati demikian, antusiasme menggelora dari anggota tim. Bek Clement Lenglet mengatakan Barca siap kembali berkompetisi. Dia menilai aturan baru terkait pertandingan mengenai pergantian pemain hingga lima kali di pertandingan sangat menguntungkan tim akan membantu dalam menjaga kebugaran skuadnya.

“Secara umum, pemain akan mendapat manfaat dari aturan itu. Karena, kami akan memiliki banyak pertandingan dan perjalanan setiap bulan di musim panas. Aturan itu membuat pemain terbantu. Kita akan melihat apakah ini akan membantu Barca dan tim lainnya? Memainkan pertandingan yang cukup banyak setelah jeda cukup lama jelas mengandung risiko,” ungkap Lenglet, dilansir Marca. (Alimansyah)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1417 seconds (0.1#10.140)