Impian Target Desain Besar Olahraga Nasional: 5 Besar Olimpiade dan Paralimpiade 2045

Kamis, 11 November 2021 - 03:04 WIB
loading...
Impian Target Desain Besar Olahraga Nasional: 5 Besar Olimpiade dan Paralimpiade 2045
Indonesia ditargetkan capai lima besar Olimpiade dan Paralimpiade pada 2045 mendatang. Dengan kata lain, itu merupakan hadiah dari 100 tahun kemerdekaan Indonesia / Foto: MPI
A A A
JAKARTA - Indonesia ditargetkan capai lima besar Olimpiade dan Paralimpiade pada 2045 mendatang. Dengan kata lain, itu merupakan hadiah dari 100 tahun kemerdekaan Indonesia.

Hal itu tertuang dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang disosialisasikan pada Rabu (10/11/2021) di Hotel Intercontinental Jakarta. Agenda sosialisasi ini dipimpin oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Melalui sambutannya, PLT Sesmenpora Jonni Madrizal memaparkan gambaran umum terkait DBON ini. Namun tentunya ini semua harus berjalan konsisten dengan dukungan semua pihak.

BACA JUGA: 4 Pelatih Lokal Timnas Indonesia, Nomor 1 Nyaris Tembus Piala Dunia

"Saya yakin kalau kita bersama-sama kerja sama saling berkontribusi untuk mencapai target tersebut bisa terpenuhi. Tapi langkah-langkah harus secara konsisten. Sambil kita evaluasi," katanya.

Adapun gambarannya, pertama, terkait target, bukan cuma sebagai lima besar dalam ajang olahraga terbesar di dunia Olimpiade dan Paralimpiade. Ada juga target lain seperti pada 2045 nanti 70 persen masyarakat aktif berolahraga, juga masyarakat bugar sebesar 60 persen.

Tiga target itu merupakan sasaran utama dari DBON ini. Ada juga target perantara yakni juara di ajang seperti Sea Games, Asian Games, Para Games setiap tahunnya.

BACA JUGA: 6 Pembalap Tanah Air Siap Ukir Sejarah di Seri 3 ATC 2021 di Sirkuit Mandalika

Adapun model pembinaan dari DBON ini yaitu pemerintah bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk menciptakan atlet berprestasi. Bentuknya berupa latihan sebanyak minimal 10 ribu jam atau butuh waktu 8-10 tahun.

"Ini project jangka panjang yang artinya butuh pembinaan dari jauh-jauh hari. Tidak bisa ujug-ujug mengharapkan juara satu tahun berikutnya," lanjut Jonni.



Kembali ke perhelatan Olimpiade dan Paralimpiade, DBON ini akan menetapkan target terdekat untuk mendulang medali emas pada 2032 mendatang. Medali itu akan datang dari 14 cabor Unggulan Olimpiade dan 15 cabor Paralimpiade.

DBON merupakan hasil karya pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan organisasi masyarakat terutama Perguruan tinggi, dan tim DPON untuk menyusun arah pembangunan olahraga di masa depan. Rencana ini sudah dilegitimasi dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 86 tahun 2021.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)