Panitia Lokal WSBK Mandalika Dipecat usai Bongkar Kargo Ducati Tanpa Izin

Kamis, 11 November 2021 - 12:14 WIB
loading...
Panitia Lokal WSBK Mandalika Dipecat usai Bongkar Kargo Ducati Tanpa Izin
Sejumlah pekerja menggunakan alat berat mengangkut logistik untuk WSBK di Sirkuit Mandalika, KEK Mandalika, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (9/11/2021). Foto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.
A A A
MANDALIKA - Motor dan logistik tim balap Ducati untuk World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika dibongkar tanpa izin sehingga memicu kemarahan. Di media sosial, netizen berpendapat aksi tersebut bisa mencoreng nama Indonesia sebagai tuan rumah balapan.

Lazimnya, kargo logistik tim balap hanya boleh dibuka oleh otoritas kepabeanan negara setempat dan tim pemilik kargo. Hal itu bertujuan mencegah pihak-pihak tertentu manipulasi atau mencontek informasi sensitif seputar motor dan strategi tim.

Baca Juga: Ducati Marah Logistik dan Motor WSBK Dibongkar Tanpa Izin di Lombok

Namun, menjelang WSBK di Sirkuit Mandalika, kargo berisi motor tim balap Ducati justru dibuka oleh Panitia lokal Mandalika Grand Prix Association (MGPA), selaku promotor WSBK Indonesia 2021 . Direktur Eksekutif SBK Gregorio Lavilla langsung menyampaikan permintaan maaf kepada Ducati dan mengaku telah memecat panitia lokal yang melakukan unboxing.

"Karyawan yang membuka kargo tersebut sudah dipecat," kata Lavilla dikutip Speedweek.

Di media sosial, aksi peristiwa tersebut menuai tanggapan beragam. Sebagian netizen berpendapat unboxing kargo dilakukan jika untuk urusan kepabeanan negara. Namun, sebagian netizen menyayangkan kalau motor-motor tersebut dibongkar kemudian materinya diunggah ke media sosial.
Panitia Lokal WSBK Mandalika Dipecat usai Bongkar Kargo Ducati Tanpa Izin

"Harus banget ya didokumentasikan masukin sosmed, biar apa?" tulis pemilik akun @blckhdr123 di kolom komentar @beacukaimataram.



"Prosedurnya bener kok, cuma ada yang gak berkepentingan aja jadiin ini konten," tulis pemilik akun @ichsannv.

Kejadian ini tentu mencoreng nama Sirkuit Mandalika. Padahal, event ini merupakan balapan bertaraf internasional pertama yang akan berlangsung di lintasan berjarak 4,3 km tersebut.

Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah WSBK 2021 dan event balap bergengsi lainnya. Dalam kalender WSBK 2021, Indonesia akan menjadi tuan rumah seri ke-13 yang akan berlangsung pada 12-14 November 2021.

Keamanan lintasan pun harus ditingkatkan, karena Sirkuit Mandalika juga akan menjadi kejuaraan balap motor paling bergengsi, yaitu MotoGP 2022. Balapan itu rencananya akan berlangsung pada bulan Maret 2022.
(sto)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1741 seconds (11.97#12.26)