Gagah Melaju di Sirkuit Mandalika, Jokowi: Saya Enggak Berani Ngebut

Jum'at, 12 November 2021 - 14:49 WIB
loading...
Gagah Melaju di Sirkuit Mandalika, Jokowi: Saya Enggak Berani Ngebut
Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menjajal langsung Sirkuit Mandalika dengan menunggangi motor custom berwarna dominan hijau. Foto: setpres/Agus Suparto
A A A
LOMBOK - Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menjajal langsung Sirkuit Mandalika di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Beliau menunggangi motor custom berwarna dominan hijau miliknya.



Berjaket hitam lengkap dengan helm warna senada, Jokowi mulai menjajal aspal mulus Sirkuit Mandalika yang memiliki panjang 4,3 kilometer itu. Tidak sendiri, sejumlah menteri dan pejabat tampak juga menumpangi sepeda motor masing-masing.

Motor yang ditumpangi Jokowi adalah Kawasaki W175 yang telah dimodifikasi. Motor itu sebelumnya pernah dipakai Jokowi saat menjajal jalan perbatasan trans-Kalimantan di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara pada 19 Desember 2019.

Hanya saja, Jokowi mengaku tidak berani untuk memacu sepeda motornya dengan kecepatan tinggi saat menjajal sirkuit Mandalika. Sebab, kondisi lintasan yang basah akibat hujan.

"Ini kan Sirkuit Mandalika ini kan sirkuit baru dan tadi kan juga baru saja hujan jadi saya enggak berani ngebut. Meskipun enggak ngebut, saya kira yang lain-lain jauh tertinggal," katanya dikutip dari pers rilis Biro Pers Setpres, Jumat (12/3/2021).

Meski basah, Sirkuit Mandalika diyakini tetap aman karena menggunakan teknologi pengaspalan paling modern bernama stone mastic asphalt (SMA) yakni campuran aspal yang digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal.

Hal ini bertujuan memperkuat struktur lapisan permukaan dengan prinsip kontak stone by stone sehingga volume aspal yang dipergunakan pun menjadi kecil.

SMA memiliki daya penetrasi yang tinggi, sehingga pembalap tidak mudah terjatuh saat terjadi wet race atau jalan licin akibat air hujan.

Sirkuit Mandalika memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer, dengan lebar 15 meter, dan dilengkapi dengan 17 tikungan serta memiliki speed trap (gaya dorong pemicu pembalap untuk memaksimalkan kecepatan saat berlaga) yang cukup lebar dan tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)