Spanyol Tanpa Nadal di Piala Davis 2021, Petenis Remaja Carlos Alcaraz Jadi Andalan

Rabu, 24 November 2021 - 21:02 WIB
loading...
Spanyol Tanpa Nadal di Piala Davis 2021, Petenis Remaja Carlos Alcaraz Jadi Andalan
Spanyol Tanpa Nadal di Piala Davis 2021, Petenis Remaja Carlos Alcaraz Jadi Andalan. Foto: IST
A A A
MADRID - Juara bertahan Spanyol akan berusaha mempertahankan gelar di Piala Davis 2021. Sayangnya, mereka tidak diperkuat Rafael Nadal akibat cedera kaki.

Piala Davis akan bergulir dalam format baru di tiga kota Eropa pekan ini dengan semua mata tertuju tim Spanyol. Mereka menurunkan petenis remaja Carlos Alcaraz menyusul absennya Rafa Nadal.



Alcaraz akan melakoni debutnya di turnamen tersebut dan bergabung dengan Roberto Bautista Agut, salah satu pahlawan pada 2019 ketika Spanyol mengalahkan Kanada di final. Skuad Spanyol juga diperkuat Pablo Carreno Busta, Feliciano Lopez, dan Marcel Granollers.

"Ini adalah mimpi yang saya miliki sejak saya masih kecil dan bisa melakukan debut saya sangat indah dan sangat istimewa," kata Alcaraz, yang berada di peringkat 32 dunia pekan ini, seperti dikutip dari Reuters, Rabu.

"Ini akan menjadi tantangan yang sulit karena hanya satu tim yang pasti lolos di grup dan Rusia memiliki tim yang hebat, tapi saya sangat percaya pada tim Spanyol," lanjut petenis 18 tahun.

Spanyol akan mulai bertarung di Piala Davis, Jumat (26/11/2021) melawan Ekuador.

Mulai Kamis (25/11/2021), sebanyak 18 finalis akan bersaing dalam enam grup yang terdiri dari tiga finalis dengan delapan kualifikasi untuk babak sistem gugur dan final berlangsung di Madrid pada 5 Desember.

Namun karena pandemi COVID-19 , dua grup yang dipertandingkan di Innsbruck itu tidak akan dihadiri oleh penonton setelah Austria memberlakukan kembali penguncian atau lockdown.

Format baru pun dibuat tahun ini dengan diperluas menjadi 10 hari di tiga negara, termasuk Davis Cup Finals yang dipindah ke Madrid pada 2019, setelah turnamen tersebut tidak dapat berjalan sesuai jadwal dengan dua nomor tunggal dan ganda.

Spanyol akan berlaga di kandang sendiri dengan Grup A juga mencakup tim-tim yang kuat, di antaranya Rusia dan Ekuador. Namun, Spanyol tidak lagi memiliki "jimat" Nadal karena dia harus melanjutkan proses pemulihan dari cedera kaki.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)