Pemain Indonesia yang Pernah Cetak Gol di Kompetisi Eropa

Senin, 29 November 2021 - 17:15 WIB
loading...
Pemain Indonesia yang Pernah Cetak Gol di Kompetisi Eropa
Pemain Indonesia yang Pernah Cetak Gol di Kompetisi Eropa. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Egy Maulana Vikri berhasil mencetak gol perdananya di kompetisi resmi Eropa bersama FK Senica . Lantas, siapa saja pemain Indonesia yang pernah mencetak gol di Eropa?

Pemain kelahiran Medan, Juli 2000, mencetak gol perdananya saat FK Senica berhadapan dengan MSK Zelina di Liga Slovakia yang berlangsung Sabtu (27/11/2021) waktu Indonesia.

Baca Juga: Profil Ralf Rangnick, Bapak Gegenpressing yang Siap Terbangkan Man United

Egy bukan pemain pertama yang mencetak gol untuk klub di Eropa. Legenda Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, juga pernah mencetak gol untuk Sampdoria (Italia) dan FC Luzern (Swiss) di era 1990-an.

Kurniawan masing-masing mencetak tiga gol untuk klub Eropa yang diperkuatnya. Begitu pulang ke Tanah Air, Kurniawan tampil menggila bersama Pelita Jaya dan PSM Makassar.

Cerita tentang gol-gol pemain Indonesia di panggung Eropa tidak cuma sampai di Egy Maulana Vikri . Pemain Indonesia lain yang merumput di Jerman, Kelana Noah Mahessa, juga baru mencetak gol.

Bermain untuk SpVg Frechen 1920 -klub divisi lima Liga Jerman, Kelana Noah Mahessa berhasil mencetak gol ke gawang FC Huerth, Minggu (28/11/2021). Tampil sebagai pemain pengganti, Kelana Noah Mahessa cuma butuh 7 menit untuk mencetak gol.

Gol tersebut bermula dalam skema tendangan bebas. Kelana yang berada di kotak penalti lawan sukses mencocor bola dan mencetak gol perdanannya. Berikut tiga pemain Indonesia yang mencetak gol di Eropa:

1. Kurniawan Dwi Yulianto
Pemain Indonesia yang Pernah Cetak Gol di Kompetisi Eropa

Kurniawan Dwi Yulianto termasuk pemain yang beruntung pernah merasakan tampil di kompetisi Eropa. Setelah satu musim bermain di kompetisi Primavera, ia ditawari bergabung oleh manajemen FC Luzern jelang musim 1994-1995.

Di klub Liga Utama Swiss itu, ia tampil 12 kali dengan koleksi 3 gol. Kurniawan juga tampil di Piala Intertoto. Sebelum itu, Kurniawan juga mencetak 3 gol untuk Sampdoria.

2. Egy Maulana Vikri
Pemain Indonesia yang Pernah Cetak Gol di Kompetisi Eropa

Gelandang serang asal Indonesia, Egy Maulana Vikri, akhirnya mencetak gol perdananya di pentas sepak bola Eropa. Egy menyumbang satu gol saat FK Senica menjamu MSK Zilina pada pekan ke-16 Liga Slovakia, Jumat (26/11) waktu setempat atau Sabtu (27/11/2021) dini hari waktu Indonesia.

Ini menjadi gol pertama Egy di level senior sejak merumput di kompetisi Eropa. Ia sudah mencetak empat assist untuk Senica. Ketika masih tampil untuk Lechi Gdansk di Liga Polandia, Egy tampil 11 penampilan di tim senior tanpa mencetak gol.

3. Kelana Noah Mahessa
Pemain Indonesia yang Pernah Cetak Gol di Kompetisi Eropa

Pemain keturunan yang pernah membela Timnas Indonesia U-19, Kelana Mahessa, mencetak gol perdananya di Eropa saat SpVg Frechen 20 menghadapi derbi distrik melawan FC Hurth di pekan ke-16 Middle Rhine League alias Divisi Kelima Liga Jerman. Masuk sebagai pemain pengganti, Kelana Mahessa sukses mencatatkan namanya di papan skor.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3018 seconds (0.1#10.140)