Bryan Robson, Kapten Terlama di Manchester United Pusaka Sir Alex Ferguson

Rabu, 01 Desember 2021 - 10:55 WIB
loading...
Bryan Robson, Kapten Terlama di Manchester United Pusaka Sir Alex Ferguson
Bryan Robson, Kapten Terlama di Manchester United Pusaka Sir Alex Ferguson. Foto: Kolase
A A A
MANCHESTER - Selama 27 tahun menjadi pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson telah berurusan dengan banyak kapten. Dari "King Eric" alias Eric Cantona sampai Gary Neville pernah dipercaya menjadi kapten tim berjuluk Setan Merah. Lantas, siapa favorit Sir Alex?

Dalam sebuah acara promosi film berjudul Robbo: The Bryan Robson Story yang diputar perdana 26 November 2021 lalu, Sir Alex ditanya siapa sosok kapten favoritnya di Manchester United . Dengan lugas, tanpa berpikir panjang, pensiunan pelatih asal Skotlandia menyebut nama Bryan Robson.

Baca Juga: Benzema Didenda Rp1 Miliar dan Ancaman Penjara

"Dengan mudah saya katakan Bryan Robson adalah kapten terbaik yang pernah saya miliki," kata Sir Alex dalam acara tersebut, dikutip Mirror, Rabu (1/12/2021).

Kata Sir Alex, pendapat itu tidak subjektif karena anggota tim yang lain -seperti pemain dan para staf, juga menyukai sosok Bryan Robson. Hal itu dibuktikan dengan fakta bahwa Bryan Robson merupakan pemegang rekor sebagai kapten terlama di Manchester United.

Bryan Robson memimpin Manchester United sebagai kapten selama 11 tahun di musim ketiga sejak ia diboyong ke Old Trafford. Berposisi sebagai gelandang tengah, Bryan Robson didatangkan dari West Bromwich Albion pada tahun 1981 dengan biaya sebesar 1,5 juta poundsterling.

Selama berseragam Manchester United, pria kelahiran Chester-le-Street, Januari 1957, telah membuat 466 penampilan untuk klub dan mencetak 99 gol. Total, sudah 11 trofi dia menangkan, di antaranya dua gelar Liga Inggris beruntun di musim 1993-1994 hingga orang-orang memberinya julukan Kapten Marvel.

Menariknya, Bryan Robson bukan kapten pilihan Sir Alex Ferguson. Dia sudah memimpin Setan Merah memenangkan gelar Piala FA pada tahun 1983 dan 1985 sebelum kedatangan Sir Alex Ferguson ke Old Trafford.

Bryan Robson meninggalkan Old Trafford untuk bergabung dengan Middlesbrough, Juli 1994. Sejak saat itu, Sir Alex Ferguson menunjuk nama-nama seperti Steve Bruce, Eric Cantona , Roy Keane hingga Gary Neville memimpin skuad Setan Merah di lapangan.

Film dokumenter berjudul Robbo: The Bryan Robson Story tak ubahnya ajang reuni bagi para penggawa Setan Merah. Film garapan sutradara John Brocklehurst itu dibintangi nama-nama seperti David Beckham, Wayne Rooney, Ryan Giggs, Eric Cantona, Gary Neville, dan sederet mantan pemain Manchester United lain.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2044 seconds (0.1#10.140)