Promosikan Kesetaraan Gender, ASEAN Tunjuk 10 Duta Olahraga Wanita, Leani Ratri Oktila Masuk

Jum'at, 03 Desember 2021 - 20:20 WIB
loading...
Promosikan Kesetaraan Gender, ASEAN Tunjuk 10 Duta Olahraga Wanita, Leani Ratri Oktila Masuk
Wakil Indonesia sendiri adalah atlet para-bulu tangkis, Leani Ratri Oktila. Leani sendiri ditunjuk karena berhasil meraih emas di Paralimpiade Tokyo 2020 / Foto: MPI
A A A
JAKARTA - ASEAN menunjuk 10 atlet termasuk ofisial olahraga ternama sebagai Duta Olahraga Wanita ASEAN. Pengangkatan itu dengan maksud untuk mempromosikan kesetaraan gender lewat olahraga.

ASEAN juga berharap nama-nama yang ditunjuk itu dapat memberi pengaruh besar dalam pemberdayaan perempuan di ASEAN, bahkan di dunia. Kampanye ini bertajuk #WeScore ASEAN.

Dari 10 nama yang dilantik, salah satunya ada dari Indonesia. Ya, ASEAN mengambil salah satu atlet wanita terbaik dari 10 negara yang tergabung ke dalam ASEAN.

BACA JUGA: Hebat! Greysia/Apriyani Pasangan Terbaik 2021: Terima Kasih, BWF!

Wakil Indonesia sendiri adalah atlet para-bulu tangkis, Leani Ratri Oktila . Leani sendiri ditunjuk karena berhasil meraih emas di Paralimpiade Tokyo 2020.

Selain Leani, sembilan lainnya ialah atlet polo dari Brunei Darussalam HRH Princess 'Azemah Ni'matul Bolkiah, atlet bela diri tradisional dari Kamboja Sokha Pov, atlet taekwondo dari Vietnam dan Tuyet Van Chau.

Kemudian ada pesenam Malaysia Farah Ann Abdul Hadi, atlet taekwondo dan wasit asal Myanmar Soe Soe Myar, kepala pelatih tim renang nasional Laos Soulamphone Kerdla. atlet angkat besi Filipina Hidilyn Diaz, pemain anggar Singapura Amita Berthier, atlet taekwondo dari Thailand Panikpak Wongpattanakit.

BACA JUGA: Leani Ratri Oktila, Para Bulu Tangkis Wanita Terbaik 2021 Versi BWF

Semua duta yang ditunjuk pada hari ini juga menggelar talk show di ASEAN Secretariat, Jakarta, Jumat (3/12/2021) sore WIB. Mereka membahas dan berbagi pandangan tentang kesetaraan gender, dan pemmberdayaan perempuan lewat olahraga.

Acara itu dibuka oleh Tomohiko Arai, selaku Director International Affairs Division Japan Sports Agency SOMS Leader of Japan. Kemudian Aya Noguchi selaku Assistant Professor of The Faculty of Sports and Healt Sciences at Juntendo University.

Selain itu, perwakilan UN Women untuk Indonesia dan ASEAN, Jamshed M Kazi juga menjadi pembicara dalam dalam acara tersebut.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1671 seconds (0.1#10.140)