Pembinaan Kedodoran, Diego Michiels: Indonesia Sulit ke Piala Dunia 40 Tahun ke Depan

Selasa, 07 Desember 2021 - 08:20 WIB
loading...
Pembinaan Kedodoran, Diego Michiels: Indonesia Sulit ke Piala Dunia 40 Tahun ke Depan
Diego Michiels tak yakin timnas Indonesia akan mencicipi Piala Dunia pada 40 tahun mendatang/Foto/Instagram.
A A A
JAKARTA - Diego Michiels tak yakin timnas Indonesia akan mencicipi Piala Dunia pada 40 tahun mendatang. Bek Arema FC tersebut mengkritik pembinaan pemain muda dan infrastruktur yang dilakukan PSSI masih berjalan di tempat.

Michiels tak asal bicara. Pemain naturalisasi ini sarat pengalaman di persepakbolaan nasional. Apalagi dia pernah menjadi bintang di timnas Merah Putih.



Sejak 10 tahun ke belakang pemain berdarah Belanda ini malang melintang di sepak bola Indonesia. Tak heran bila dia melihat pembinaan pemain muda di Indonesia tidak berjalan maksimal.

Infrastruktur yang mendukung sepak bola modern juga minim. Markas latihan tim tidak memadai yang berujung kepada tak berkembangnya prestasi timnas Indonesia.



Jangankan bersaing memperebutkan tiket lolos ke Piala Dunia, untuk beradu kekuatan dengan negara Asia Tenggara saja Timnas Indonesia kesulitan.

Bukti terbaru adalah pada babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Dari lima kontestan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, empat di antaranya dari Asia Tenggara yakni Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Hasilnya, Timnas Indonesia hanya imbang sekali dan tumbang lima kali dari enam pertandingan kontra tim-tim Asia Tenggara. Satu-satunya hasil imbang didapat saat Timnas Indonesia menahan Thailand 2-2.

Ketika ditanya apakah timnas Indonesia bisa lolos ke Piala Dunia dalam 40 tahun ke depan, Michiels tak yakin. “Mungkin di atas itu (40 tahun),” kata Michiels kepada Channel YouTube KR TV.

Michiels menyarankan PSSI untuk segera membangun pembinaan pemain muda yang jelas dan mumpuni. Selain itu, infrastruktur dikebut agar ada tempat latihan memadai bagi timnas sehingga membuka peluang lolos ke Piala Dunia dalam 20 tahun ke depan.

“Mungkin kalau mereka (PSSI) sudah mulai dari sekarang, mulai bangun semua infrastruktur untuk pemain junior, mungkin 20 tahun ke depan bisa (lolos ke Piala Dunia),” lanjut pemain yang biasa bermain sebagai fullback tersebut.

Pembenahan menyeluruh yang dilakukan PSSI wajib dilakukan segera. Sebab, perkembangan sepak bola modern saat ini begitu cepat. Jika tak ada pembinaan yang mumpuni, jangan berharap 40 tahun ke depan bakal tampil di Piala Dunia.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)