Gelar Juara Bundesliga Bayern Muenchen Tinggal Seremoni

Senin, 08 Juni 2020 - 11:29 WIB
loading...
Gelar Juara Bundesliga Bayern Muenchen Tinggal Seremoni
Pelatih Bayern Muenchen Hans Dieter Flick. Foto/@FCbayernEN
A A A
LEVERKUSEN - Bayern Muenchen hanya berjarak enam poin dari gelar Bundesliga musim ini seusai melumat Bayer Leverkusen 4-2, Sabtu (6/6/2020). Kemenangan di BayArena membuat gelar Bundesliga hampir pasti menjadi milik Bayern dan tinggal menunggu seremoni.

Tertinggal gol Lucas Alario pada menit ke-9, Bayern menunjukkan kapasitasnya dengan membalikkan keadaan melalui gol-gol dari Kingsley Coman (27), Leon Goretzka (42), Serge Gnabry (45), dan Robert Lewandowski (66). Satu gol Leverkusen lainnya disumbangkan Florian Wirtz (89).

Pelatih Hans Dieter-Flick mengungkapkan kemampuan dan respons adaptif timnya setelah tertinggal layak diapresiasi. Dia bahkan menganggap gol Leverkusen sebagai pemicu Bayern tampil lebih tajam hingga memenangkan pertandingan. (Baca: Klasemen dan Hasil Lengkap Bundesliga, Minggu (7/6/2020)

“Sepak bola adalah tentang memenangkan pertandingan Anda. Kami telah menunjukkannya secara mengesankan pada 2020. Kami memiliki masalah di awal yang mengarah pada gol pembuka tuan rumah. Tapi, kami bangkit kembali, kami menunjukkan sikap dan mental kami,” ungkap Flick dilansir bavarianfootballworks.com.

Istimewa jelas dua rekor berhasil ditorehkan dua andalan lini depan Bayern, yakni Lewandowski dan Thomas Mueller. Sepanjang musim ini, Lewandowski telah mencetak 30 gol dari 28 penampilannya di Bundesliga. Itu menempatkannya di puncak klasemen sementara Bundesliga. Penyerang asal Polandia itu sekarang telah menyamai 30 gol miliknya dalam satu musim, setelah melakukannya pada musim kompetisi 2015/16 dan 2016/17. Secara keseluruhan Lewandowski telah mencetak 44 gol di semua kompetisi musim ini.

Sementara itu, Mueller menjadi raja assist Bundesliga pada satu musim. Assist-nya bagi gol Goretzka dan Lewandowski membuat torehan umpannya menjadi 20 pada musim ini. Mueller pun sukses melampaui rekor sebelumnya yang dipegang Kevin de Bruyne saat memperkuat VfL Wolfsburg pada musim 2014/15 dan Emil Forsberg pada musim 2016/17. Keduanya sama-sama mengemas 19 assist.

Sebelum pertandingan melawan Leverkusen, Mueller mengoleksi 18 assist, angka yang belum pernah dicapai siapa pun sebelumnya pada tahap sama sejak pengumpulan data dimulai pada musim 1992/93. Mueller telah menemukan kembali bentuk permainan terbaiknya di bawah Hans Dieter-Flick dan secara langsung terlibat lebih banyak gol (22) daripada pemain Bayern lainnya sejak Flick mengambil alih pada November 2019, mencetak tujuh gol dan menyumbang 15 assist. (Baca juga: Bintag UFC Connor McGregor Umumkan Pensiun (Lagi)

Impresifnya kinerja Lewandowski dan Muller mereprentasikan betapa dahsyatnya permainan ofensif Bayern bersama Flick. Tercatat ini merupakan sembilan kemenangan beruntun Die Roten di sembilan pertandingan terakhir Bundesliga. Manuel Neuer dkk bahkan baru mengalami dua kekalahan dari 26 pertandingan sejak Flick menggantikan Niko Kovac.

Bayern kokoh di puncak klasemen sementara Bundesliga dengan 70 poin, unggul tujuh poin dari seteru utamanya Borussia Dortmund yang berada di posisi kedua. Bayern hanya membutuhkan dua kemenangan dari empat pertandingan tersisa untuk mengunci gelar Bundesliga kedelapan beruntun.

Dengan terus mempertahankan konsistensi penampilan, kapten tim Manuel Neuer yakin saat menghadapi Borussia Monchengladbach, Sabtu (13/6/2020), Bayern mampu meraih hasil maksimal dan semakin dekat dengan gelar juara. Namun, Die Roten terlebih dahulu harus mempersiapkan diri jelang semifinal DFB Pokal melawan Eintrancht Frankfurt, Kamis (11/6/2020).

“Mentalitas kami adalah perbedaannya. Kami menunjukkan kualitas kami sebagai tim yang lebih baik melawan Leverkusen. Kami sempat kesulitan menemukan ritme di awal-awal pertandingan, tetapi kami bermain sangat kejam terhadap lawan,” kata Neuer. (Baca juga: 10 Usaha Sampingan Paling Prospektif Selama Pandemi Covid-19)

Pada pertandingan lainnya, Dortmund mempertegas posisi kedua klasemen sementara dengan 63 poin sekaligus memperbesar kans melaju ke Liga Champions musim depan seusai menang 1-0 atas Hertha BSC. Gol tunggal Emre Can (57) membuat Die Borussen meninggalkan RB Leipzig (59 poin), Monchengladbach (56 poin) dan Leverkusen (56 poin) yang gagal memetik kemenangan.

Pelatih Lucien Favre mengaku senang karena tanpa Erling Braut Haaland lini serangnya menunjukkan performa baik dengan keberadaan Jadon Sancho dan Julian Brandt. Favre menilai, Dortmund harus berkonsentrasi penuh menyelesaikan musim ini dengan meraih hasil terbaik di empat pertandingan terakhir. “Kami belum menentukan apa pun. Kami harus tetap seperti ini di empat pertandingan tersisa. Kami akan menjalani pertandingan demi pertandingan. Kami akan melakukan yang terbaik,” kata Favre. (Alimansyah)
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1030 seconds (0.1#10.140)