Hasil Piala AFF 2020: Bombardir 5 Gol Gawang Laos, Indonesia Puncaki Klasemen Gusur Malaysia

Minggu, 12 Desember 2021 - 18:24 WIB
loading...
Hasil Piala AFF 2020: Bombardir 5 Gol Gawang Laos, Indonesia Puncaki Klasemen Gusur Malaysia
Indonesia meraih tiga poin penting usai membantai Laos/Foto/PSSI
A A A
BISHAN - Indonesia meraih tiga poin penting usai membantai Laos pada laga kedua penyisihan Grup B Piala AFF 2020. Pasukan Shin Tae-yong menang telak 5-1 di Bishan Stadium, Singapura, Minggu (12/12/2021).

Hasil itu membuat Indonesia mengusur Malaysia di papan klasemen sementara Grup B. Indonesia dan Malaysia masing-maisng meraup enam poin dari dua pertandingan. Indonesia unggul dalam produktivitas gol atas Malasyia dengan sembilan gol dari dua laga.

Pada babak pertama, Asnawi Mangkualam memecah kebuntuan pada menit 23 dari titik penalti dan Irfan Jaya menggandakan keunggulan menit ke-34, Laos memperpendek ketertinggalan lewat Kydavonne Souvanny pada menit ke-41.

Indonesia mendominasi jalannya laga dengan penguasaan bola di atas 70 persen. Laos hanya bermain bertahan dengan memasang lima bek sekaligus.

Namun, Laos membuat kesalahan pada menit 22, Kydavone Souvanny menjatuhkan Alfeandra Dewangga di kotak terlarang. Asnawi Mangkualam yang bertugas sebagai eksekutor menyepak bola dengan keras dan mengubah papan skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Pada menit 34, Indonesia berhasil menggandakan keunggulan. Umpan crossing Asnawi Mangkualam dari sisi kanan lini depan Indonesia berhasil dikonversi menjadi gol oleh Irfan Jaya.

Meski hanya menunggu serangan balik, Laos berhasil menebar ancaman melalui Billy Katkeophomphone di ujung tombak. Pemain yang berkarier di Prancis itu kemudian mengirim operan ke Kydavonne Souvanny, Laos pun berhasil memperkecil keunggulan melalui sepakan keras.

Di babak kedua, Indonesia menambah tiga gol melalui Witan Sulaeman pada menit ke-56, Ezra Walian (77) dan Evan Dimas (84).

Susunan Pemain

Laos (5-4-1): Keo Souvanasangsgo (Solasak Thilavong 45’); Mitsada Saitafa (Aphixay Tanakhanty 33’), Thipphachanh, Inthavong, Kaharn Phetsivilay, Leungleuang, Keophouvong (Phitavong Sangvilay 90’), Pouttasay Kouchalern, Phatthana Phommathep, Bounpachan Boukong (Vannasone 90’, Xeedee Phomsavanh (Somsay Keohanam 61’), Billy Katkeophomphone, Kydavone Souvanny
Pelatih: V. Selvaraj

Indonesia (4-3-3): Ernando Ari; Edo Febriansah, Rizky Ridho (Fachruddin Aryanto 71’), Evan Dimas, Kushedya Hari Yudo (Witan Sulaeman 45’), Rachmat Irianto (Elkan Bagott 45’), Asnawi Mangkualam, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya (Ramai Rumakiek 81’), Dedik Setiawan (Ezra Walian 71’), Alfeandra Dewangga
Pelatih: Shin Tae-yong
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)