Gol Penalti Asnawi Mangkualam Hapus Trauma di Ansan Greeners

Minggu, 12 Desember 2021 - 22:13 WIB
loading...
Gol Penalti Asnawi Mangkualam Hapus Trauma di Ansan Greeners
Bintang timnas Indonesia Asnawi Mangkualam berkontribusi besar saat membawa Merah Putih membantai Laos/Foto/PSSI
A A A
BISHAN - Bintang timnas Indonesia Asnawi Mangkualam berkontribusi besar saat membawa Merah Putih membantai Laos 5-1 pada penyisihan Grup B Piala AFF 2020 di Bishan Stadium, Minggu (12/12/2021). Bek klub K-League 2, Ansan Greeners, itu mencetak gol pertama untuk timnas Merah Putih.

Asnawi memecah kebuntuan Indonesia lewat gol dari titik penalti pada menit ke-23. Tendangan 12 pas diberikan setelah Alfeandra Dewangga yang berada di kotak penalti mendapat sepakan keras dari Kydavone Souvanny yang mencoba mengambil bola.

Asnawi dengan dingin dan meyakinkan, mengonversi penalti untuk memberi timnas Garuda keunggulan. Sepakan kaki kanan Asnawi mengarah ke pojok kiri atas yang tak mampu dijangkau kiper Keo-Oudone Souvannasangso.

Ini merupakan gol internasional pertama Asnawi di timnas. Hebatnya, dia melakukannya setelah mengalami kejadian pahit bersama klubnya, Ansan Greeners.

Ya, pemain kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, 4 Oktober 1999, itu gagal menyelamatkan Ansan dari kekalahan saat laga melawan Sangju Sangmu dalam lanjutan K-League 2 di Stadion Ansan Wa, 24 Juli 2021.

Asnawi menjadi algojo saat Ansan mendapat peluang penalti di masa injury babak kedua, saat timnya tertinggal 0-1. Sejatinya, tembakan Asnawi masuk pada kesempatan pertama.

Tapi, tendangan harus diulang lantaran pemain Ansan, terlihat masuk ke kotak penalti sebelum dia mengeksekusi. Nah, di kesempatan kedua, tembakannya melayang di atas mistar. Ansan pun menyerah 0-1.

Kesempatan penalti saat Indonesia melawan Laos juga dapat diselesaikan dengan sempurna oleh Asnawi. Mantan pemain PSM Makassar itu sukses membuka keran gol Indonesia.

Setelah gol Asnawi, berikutnya Irfan Jaya membuat gol pada menit ke-34. Lalu, Witan Sulaeman (56'), Ezra Walian (77'), dan ditutup aksi Evan Dimas (84').

Indonesia berhasil memaksa Laos hanya melepaskan 198 jumlah operan dan hanya melepaskan satu tembakan tepat sasaran. Gol aon dikemas melalui Kydavonne Souvanny pada menit 41.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)